[TIPS] : "6 Langkah Atasi Baut Dol"

Memang mengesalkan berurusan dengan baut slek atau dol. Terlebih baut tanam knalpot yang punya peran cukup penting pada sepeda motor. Bagaimana tidak, bila kinerja baut tidak maksimal, dijamin motor pasti loyo.

Gas sisa pembakaran yang mestinya mengalami tendangan balik , malah langsung keluar akibat posisi mulut knalpot menganga. Dari situlah, yang menyebabkan motor jadi kehilangan tenaga. Makanya, baut tanam jangan dianggap remeh!


Langkah 1
Memperbaikinya sangat mudah kok, dan bisa diatasi sendiri, asal kita tahu sebab akibatnya. Baut slek bisa terjadi karena drat baut rusak pada bagian luar atau yang bersentuhan langsung dengan mur pengencang.
Langkah 2
Lalu, bisa juga terjadi karena pemasangan yang terlalu kencang, sehingga baut ikut berputar dan merusak drat pada blok head saat mur dikencangkan.
Buat yang sudah terlanjur dol, tak perlu panik. Tinggal ganti saja baut tanamnya. Banyak dijumpai di toko baut, tinggal pilih mau ukuran dan model apa.
Langkah 3
Cara pasangnya, tentu harus melepas baut lama yang sudah rusak terlebih dulu dengan sistem mur kontra. Dengan cara, pasang 2 buah mur berdempetan. Lalu tahan mur yang atas dengan kunci sembari mur yang bawah dikencangkan.
Langkah 4
Bila kedua mur sudah paten, langsung buka baut lama dengan memanfaatkan mur kontra bagian bawah. Bila sudah lepas, senai lubang drat pada blok head yang rusak dengan alat senai. Ukuran senai harus lebih besar dari ukuran lubang aslinya.
Langkah 5
Jadi, kalau baut aslinya ukuran 12, maka harus disenai ukuran 14. Yang mana, ukuran 14 di baut hanya untuk yang tertanam pada blok. Sedangkan yang bertugas mengikat knalpot, tetap berukuran 12.
langkah 6
Setelah itu, bisa langsung pasang baut baru. Cara pasangnya dengan sistem mur kontra, sama dengan saat awal melepasnya. Tapi, gunakan baut bagian atas saat mengencangkannya.
Kett : Klik gambar untuk memperbesar ukuran

Semoga bermanfaat

SUMBER

Ditulis Oleh : Unknown ~ Automotive Learning Center

Christian angkouw Sobat sedang membaca artikel tentang [TIPS] : "6 Langkah Atasi Baut Dol". Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

1 komentar:

  1. Good info. Saran ane sebaiknya petunjuk disertai gambar/foto yang sesuai. Misal langkah 3 di atas, fotonya ya nunjukkin ada dua mur berdempet. Jadi kami bisa lebih jelas memahaminya. Terima kasih.
    Keep sharing ilmu....

    BalasHapus

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentar yang bermanfaat. Terima Kasih

Tutorial Download (Cara Download) :

1. Pilih salah satu link download yang tersedia 4shared /ziddu /Dll.

2. Tunggu proses halaman selama 5 Detik.

3. Klik tulisan Lewati / Skip Ad pada pojok Kanan atas.

Photobucket

4. Halaman Download akan tersedia.

Catatan: untuk mendownload dari 4shared, pastikan anda sudah mempunyai account 4shared terlebih dahulu

Update via Email

Mendaftar untuk Update Terkini