[NEWS] Tips Mobil : "Pengaruh Angin Kencang, Bikin Boros BBM 6-10 Persen"

 
Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jakarta, angin kencang atau badai puting beliung yang melanda sejumlah wilayah Jawa, khususnya di Jakarta lebih disebabkan faktor internal. “Seperti sudah lewatnya puncak musim hujan serta adanya dua daerah titik tekanan rendah di selatan Pulau Jawa dan Bali,” tutur Kepala Bidang Komunikasi BMKG Harry Tirto. Kecepatannya bisa mencapai 20-40 km/jam.

Buat pengendara mobil, angin yang kencang ternyata sangat berpengaruh pada konsumsi bahan bakar serta keseimbangan kendaraan. Nah, bicara soal angin, OTOMOTIF kali ini mencoba mengulasnya dari segi keselamatan dan efisiensi bahan bakar saat berkendara ditinjau dari sudut pandang ilmu fisika. Dr. Budhy Kurniawan, Secretary of Physics Departemen, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Indonesia mau membagi ilmunya.

OTOMOTIF :

Apakan angin yang kencang di jalan raya dapat membuat konsumsi bahan bakar menjadi boros?

Budhi Kurniawan :

Ya. Jika arah angin berlawanan dengan arah gerak kendaraan. Bertambahnya hambatan angin berbanding lurus dengan penambahan beban kerja mesin. Konsumsi bahan bakar pun terkorbankan. Rumusnya untuk mendapatkan hasilnya adalah Fmesin + Fgesekan ban + F angin = m a . Untuk hasil pastinya bisa didapatkan jika kita mengetahui angka kecepatan pada mobil dan data lainnya. Perhitungan pemborosannya bahan bakarnya kisaran 6-10 %.

Penjelasannya, Fmesin = Gaya dorong mesin mobil, Fgesekan ban = Gaya gesekan yang terjadi pada ban dan jalan = - ∆ m g, dengan ∆ adalah koefisien gesekan permukaan jalan. Sedang m adalah massa mobil dan g adalah percepatan gravitasi bumi. F angin = Gaya hambat angin = - b v, dengan b adalah konstanta hambat angin dan v adalah kecepatan mobil.
 
OTOMOTIF :

Seberapa besarnya pengaruh angin yang menerpa kendaraan dari sisi keselamatan berkendara ?

Budhi Kurniawan :

Bila gaya hambat yang diberikan oleh angin cukup besar, maka gerak mobil menjadi lebih sulit untuk dikendalikan sehingga berbahaya bagi keselamatan pengendara beserta penumpangnya. Mobil bisa berhenti atau bergerak pada arah yang tidak semestinya (bisa menjadi mundur dan tidak terkendali atau terangkat dengan gaya angkat yang diberikan oleh kecepatan angin yang mengenai mobil tersebut. Ancaman lainnya datang dari eksternal. Seperti pohon tumbang, Baliho runtuh dan sebagainya.
 
OTOMOTIF :

Kecepatan angin samping berapa yang bisa menggeser mobil dengan berat 2 ton pada kecepatan 100 km/jam

Budhi Kurniawan :

Untuk angin dari arah samping, arah pergeseran mobil akan mengikuti arah resultan gerak relatif antara arah gerak mobil dan arah gerak angin. Kecepatan relatif antara mobil dan angin juga dengan menghitung resultan atau sisi miring dari segitiga siku-siku yang dibentuk oleh Vector kecepatan mobil dan Vector kecepatan angin. Kecepatan relatifnya adalah : 141,42 km/jam atau setara dengan 39,2 m/s

F angin = - ½ ∆ v2 Cd A = - ½ (1,2) (39,2) 2 (0,45) (3 ) = 1244,68 Newton

Gaya angin ini setara dengan massa sebesar 124,5 kg artinya hanya 6,2 % dari massa mobil. Gaya sebesar ini kalaupun menggeser, tidak seberapa besar perpindahannya. Terkecuali bila kondisi jalan basah atau licin. Namun pada kondisi ini cukup membuat mobil menjadi limbung atau bergoyang. Jika dalam keadaan kurang konsentrasi, pengemudi dapat kehilangan kendali hingga kondisi terburuknya bisa terjadi kecelakaan.

Semoga bermanfaat

SUMBER

Ditulis Oleh : Unknown ~ Automotive Learning Center

Christian angkouw Sobat sedang membaca artikel tentang [NEWS] Tips Mobil : "Pengaruh Angin Kencang, Bikin Boros BBM 6-10 Persen". Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Posting Komentar

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentar yang bermanfaat. Terima Kasih

Tutorial Download (Cara Download) :

1. Pilih salah satu link download yang tersedia 4shared /ziddu /Dll.

2. Tunggu proses halaman selama 5 Detik.

3. Klik tulisan Lewati / Skip Ad pada pojok Kanan atas.

Photobucket

4. Halaman Download akan tersedia.

Catatan: untuk mendownload dari 4shared, pastikan anda sudah mempunyai account 4shared terlebih dahulu

Update via Email

Mendaftar untuk Update Terkini