RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
1. Pengertian RPP
Rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan
pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang
ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas
mencakup satu kompetensi dasar yang terdiri atas satu indicator atau beberapa
indicator untuk satu kali pertemuan atau lebih.
RPP
merupakan persiapan yang harus dilakukan guru sebelum mengajar. Persiapan
disini dapat diartikan persiapan tertulis maupun persiapan mental, situasi
emosional yang ingin dibangun, lingkungan belajar yang produktif, termasuk
meyakinkan pembelajar untuk mau terlibat secara penuh. Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran dengan silabus mempunyai perbedaan, meskipun dalam hal tertentu
mempunyai persamaan. Silabus memuat hal-hal yang perlu dilakukan siswa untuk
menuntaskan suatu kompetensi secara utuh, artinya di dalam suatu silabus
adakalanya beberapa kompetensi yang sejalan akan disatukan sehingga perkiraan
waktunya belum tahu pasti berapa pertemuan yang akan dilakukan.
Sementara itu,
rencana pelaksanaan pembelajaran adalah penggalan-penggalan kegiatan yang perlu
dilakukan oleh guru untuk setiap pertemuan. Didalamnya harus terlihat tindakan
apa yang perlu dilakukan oleh guru untuk mencapai ketuntasan kompetensi serta
tindakan selanjutnya setelah pertemuan selesai.
2. Tujuan dan Fungsi RPP
Tujuan
rencana pelaksanaan pembelajaran adalah untuk : (1) mempermudah, memperlancar
dan meningkatkan hasil proses belajar mengajar; (2) dengan menyusun rencana
pembelajaran secara profesional, sistematis dan berdaya guna, maka guru akan
mampu melihat, mengamati, menganalisis, dan memprediksi program pembelajaran
sebagai kerangka kerja yang logis dan terencana.
Sementara
itu, fungsi rencana pembelajaran adalah sebagai acuan bagi guru untuk
melaksanakan kegiatan belajar mengajar ( kegiatan pembelajaran ) agar lebih
terarah dan berjalan secara efektif dan efisien. Dengan kata lain rencana
pelaksanaan pembelajaran berperan sebagai scenario proses pembelajaran. Oleh
karena itu, rencana pelaksanaan pembelajaran hendaknya bersifat luwes (
fleksibel ) dan member kemungkinan bagi guru untuk menyesuaikan dengan respon
siswa dalam proses pembelajaran yang sesungguhnya.
3. Unsur-unsur yang Perlu
Diperhatikan dalam Penyusunan RPP
Unsur-unsur
yang perlu diperhatikan dalam penyususnan rencana pelaksanaan pembelajaran
adalah :
• Mengacu pada kompetensi
dan kemampuan dasar yang harus dikuasai siswa, serta materi dan submateri
pembelajaran, pengalaman belajar yang telah dikembangkan didalam silabus;
• Menggunakan berbagai
pendekatan yang sesuai dengan materi yang memberikan kecakapan hidup ( life
skill ) sesuai dengan permasalahan dan lingkungan sehari-hari;
• Menggunakan metode dan
media yang sesuai, yang mendekatkan siswa dengan pengalaman langsung;
• Penilaian dengan system pengujian menyeluruh
dan berkelanjutan didasarkan pada system pengujian yang dikembangkan selaras
dengan pengembangan silabus.
4. Komponen-komponen RPP
Komponen-komponen
rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) menurut permendiknas Nomor 41 tahun 2007
tentang standar proses terdiri dari :
• Identitas mata pelajaran
Identitas
mata pelajaran, meliputi : satuan pendidikan, kelas, semester, program/program
keahlian, mata pelajaran atau tema pelajaran, jumlah pertemuan.
• Standar kompetensi
Standar
kompetensi merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang
menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan
dicapai pada setiap kelas dan/ atau semester pada suatu mata pelajaran.
• Kompetensi dasar
Kompetensi
dasar adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata
pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu
pelajaran.
• Indikator pencapaian kompetensi
Indikator
kompetensi adalah perilaku yang dapat diukur dan/ atau diobservasi untuk
menunjukan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian
mata pelajaran. Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan dengan menggunakan
kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup
pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
• Tujuan pembelajaran
Tujuan
pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai
oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.
• Materi ajar
Materi ajar
memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam
bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indicator pencapaian kompetensi.
• Alokasi waktu
Alokasi
waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar.
• Metode pembelajaran
Metode pembelajaran
digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran
agar pembelajaran agar peserta didik mencapai kompetensi dasar atau seperangkat
indicator yang telah ditetapkan. Pemilihan metode pembelajaran disesuaikan
dengan situasi dan kondisi peserta didik, serta karakteristik dari setiap
indicator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap indicator dan
kompetensi yang hendak dicapai pada setiap mata pelajaran. Pendekatan
pembelajaran tematik digunakan untuk peserta didik kelas 1 sampai kelas 3
SD/MI.
• Kegiatan pembelajaran
a. Pendahuluan
Pendahuluan
merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan untuk
membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk
berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Dalam kegiatan pendahuluan,
guru : (1) menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti
proses pembelajaran; (2) mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan
pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari; (3) menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan (4)
menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
b. Inti
Kegiatan
inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran
dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi
peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup
bagi prakarsa, kreatifitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan
perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini dilakukan
secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi dan
konfirmasi.
c. Penutup
Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan
untuk mengakhiri aktifitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk
rangkuman atau kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak
lanjut.
- Penilaian hasil belajar
Prosedur dan
instrument penilaian proses dan hasil belajar disesuaikan dengan indicator
pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian.
- Sumber belajar
Penentuan sumber belajar didasarkan
pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta materi ajar, kegiatan
pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi.
Berikut dibawah ini adalah contoh RPP yang bisa sobat download, berdasarkan kompetensi keahliannya yaitu :
TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR)
RPP Memelihara Alat Ukur
RPP Dasar Pembentukan Logam
RPP Dasar-Dasar Mesin
RPP Menginterpretasikan Gambar Teknik
RPP Perlengkapan dan Peralatan Kerja
RPP Mesin Konversi Energi, K3, Hidrolik
RPP Dasar Kelistrikan dan elektronika
RPP DIfferential
RPP Memelihara Baterai
RPP Memelihara Roda dan Ban
RPP Kelistrikan Bodi
RPP Propeller Shaft
RPP Rear Axle
RPP Sistem Kemudi
RPP Sistem Suspensi
RPP Unit Kopling
RPP Service Komponen Engine
RPP Transmisi Manual
RPP EFI
RPP Sistem Rem
RPP Sistem Pengisian
RPP Sistem Pengapian
RPP Sistem Bahan Bakar Bensin
RPP Wheel Alignment
RPP Sistem bahan bakar diesel
TEKNIK SEPEDA MOTOR (TSM)
RPP Service Engine, Overhoul Kepala Silinder, Transmisi manual dan Otomatis, Sistem bahan bakar, batere dan suspensi
RPP Sistem Pendingin, Gas, Kopling dan Rem
Semoga bermanfaat
RPP Service Engine, Overhoul Kepala Silinder, Transmisi manual dan Otomatis, Sistem bahan bakar, batere dan suspensi
RPP Sistem Pendingin, Gas, Kopling dan Rem
Semoga bermanfaat
itu RPP gbr teknik gak ada bahasan soal :
BalasHapus4.3. Menjelaskan simbol-simbol kelistrikan.
4.4. Membaca wiring diagram.
4.5. Menginterpretasikan gambar teknik dan rangkaian.
gak ada ya?
silabus nya juga gak sama ama RPP nya ya ???
saya jadi pening ini liatnya..