[LOKER] : "Toyota Astra / Auto 2000"

 
AUTO 2000 established in 1975 under the name Astra Motor Sales, new in 1989 and changed its name to Auto2000. Auto2000 is a network of sales service, maintenance, repair and supply spare parts of Toyota's management is fully handled by PT Astra International Tbk.

Currently playing Auto2000 is the largest Toyota dealership in Indonesia, which controls between 70-80% of total Toyota sales. In its business activities, Auto2000 associated with PT Toyota Astra Motor, the sole agent (ATPM) Toyota. Auto2000 is the official dealer of Toyota with four other Toyota dealers.


PT. Astra Intl Tbk – Toyota Sales Operation (AUTO2000), the Biggest MainDealer Toyota in Indonesia with more than 70 branches around Indonesia, open golden opportunity for :


MT-CORPLAN (Corporate Planning and Kaizen)
Qualification:

- S1/S2, Min. GPA 3.0
- Major: Industrial Engineering / Business Administration
- Max. age 27 years old
- Actively involved in Organization activities
- Able to communicate in English (written and verbal)

Subject at your envelope/email: MT-CORPLAN


MT-Logistic
Qualification :

a. Min. Bachelor Degree Industrial Engineering
b. Min. GPA 3.00
c. Max. age 27 years old
d. Actively involved in organization activities

Subject at your envelope/email: MT-LOG

If you are interested:
- provide your CV with your latest picture
- Write subject position you want to apply on your CV/e-mail

Send not later than 11 (MT-Log) & 8 (MT-Corplan) April 2013 to:

AUTO2000 Head Office
Jl. Gaya Motor III No.3 Sunter 2, Jakarta Utara-14330
(UP: HCD-Recruitment )
or email at: mt.auto2000@gmail.com


Counter Sales AUTO2000
Job Desc: Menjual produk Toyota di dalam outlet/ showroom

Kualifikasi:

  • Usia maks. 26 tahun
  • Pendidikan min. SMA
  • Berpenampilan menarik
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik
  • Berpengalaman di bidang penjualan/ sales (nilai tambah)
  • Bersedia ditempatkan di seluruh cabang AUTO2000
Sales Executive AUTO2000
Job Desc: Menjual produk Toyota di luar outlet/ showroom

Kualifikasi:

  • Usia maks. 28 tahun
  • Pendidikan min. SMA
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik
  • Memiliki minat dagang
  • Berpengalaman di bidang penjualan/ sales (nilai tambah)
  • Bersedia ditempatkan di seluruh cabang AUTO2000
Benefit:

  • Gaji pokok, uang makan & transport, uang operasional, insentif tak terbatas, JAMSOSTEK, tunjangan rumah sakit, serta tunjangan menarik lainnya
  • Jenjang karir & pelatihan gratis untuk menjadi Salesman handal
Pendaftaran:

Kirimkan CV + photo berwarna terbaru (full-body) Anda  paling lambat 11 April 2013 ke: salesman.auto2000@gmail.com

*subject: CS_Domisili (contoh: CS_Jakarta)
*subject: SE_Domisili (contoh: SE_Jakarta)
--- Update : Monday, March 25, 2013


 Semoga bermanfaat

[ARTIKEL OTO] : "MENGENALI APA ITU EMISI KENDARAAN??"

 
Alat transportasi kenderaan bermotor yang digunakan sehari-hari guna mendukung mobilitas masyarakat dalam segala bentuk aktifitas ternyata tidak sepenuhnya menjanjikan harapan yang positif.

Dibalik penggunaan alat transportasi tersebut tersimpan berbagai masalah atau kalau boleh dikatakan sebagai ancaman bagi pengguna dan lebih konyol lagi terhadap masyarakat lingkungannya.
Ancaman yang ditimbulkan alat transportasi tersebut cukup beragam dan yang paling menakutkan dan berkepanjangan adalah emisi gas buang dari knalpot tiap kenderaan

Tentunya kita sudah mendengar dan membaca artikel-artikel tentang kondisi kota-kota besar di Indonesia yang sudah tercemar dan akan terus semakin parah bila kita tidak mau peduli dari ancaman tersebut. Mungkin banyak orang berpikir bahwa hal tersebut tidak seburuk yang diperkirakan, bahkan ancaman gas beracun tersebut telah menelan banyak korban meninggal dunia dan beberapa diantaranya dimuat di media  cetak, hal tersebut belum cukup menyadarkan manusia bahwa lingkunganya tidak seramah dulu lagi dan Jakarta adalah urutan ketiga kota tercemar didunia, bisa jadi akan menyusul menjadi kota tercemar peringkat dua. Penyuplai pencemaran udara tersebut terbesar ~70-80% adalah kendaraan bermotor dari segala jenis yang beroperasi di jalan-jalan raya.dalam segala bentuk aktifitas.

Sudah saatnya kita sama-sama peduli kondisi ini dan hal tersebut dapat diatasi bila kita mau peduli kondisi tersebut dan saya percaya ditengah kondisi ekonomi dengan krisis moneter yang melanda bangsa indonesia kita masih mau peduli lingkungan yang dapat mengancam kelangsungan hidup manusia khususnya generasi penerus yang mewarisi tongkat kepemimpinan dimasa mendatang.

Emisi gas buang kenderaan mermotor dari segala jenis mesin pembakaran didalam (Internal combustion engine) dengan konstruksi dan teknologi yang diterapkan tetap menghasilkan emisi gas buang, bila tidak dilakukan perawatan yang rutin terhadap kendaraan tersebut maka emisi tersebut masuk pada tingkat yang membahayakan artinya melampaui ambang batas yang ditentukan.

Tenaga yang dihasilkan kenderaan bermotor dihasilkan dari perubahan energi bahan bakar menjadi tenaga gerak, perubahan energi tersersumber dari hasil pembakaran bahan bakar. Proses pembakaran pada laboratorium antara bahan bakar bensin dengan pernyawaan ogsigen yang terdapat diudara ~21 % dengan perbandingan  1 : 14.7  (stoichiometric) akan terjadi pembakaran yang sempurna menghasilkan CO2 (Carbon dioksid) dan H2O (Uap air).

Pada mesin kendaraan hal ini tidak akan pernah terjadi akibat variable kondisi dari hampir semua aspek yang mendukung proses pembakaran seperti,
-          Ratio perbandingan antara volume bahan bakar dan debit udara
-          Kwalitas bahan bakar
-          Kwalitas udara
-          Pengatomisasian bahan bakar (Carburation)
-          Homogenisasi campuran bahan bakar dan udara
-          Hambatan proses pembakaran (Tidak tepatnya waktu penyulutan (ignited)
-          Mekanisme engine/mesin
-          Teknologi sistem bahan bakar dan pengapian
-          Dan masih banyak hal lain yang memungkinkan proses pembakaran terganggu

Perkembangan teknologi otomotif hingga saat ini memungkinkan tiap engine yang diproduksi melakukan proses pembakaran pada mesin (Internal Cumbustion ) mendekati sempurna sehingga menghasilkan tenaga yang maksimun dengan emisi yang seminim mungkin. 

Dapat dipastikan bahwa semua pabrik pembuat engine/mesin  mengacu pada konsep diatas dan relefan dengan tuntutan spesifikasi yang diharapkan dan kian berkembang. Namun kurun waktu pemakaian kendaraan tersebut akan terjadi perobahan-perobakan dari kwalitas kerja mekanis engine maupun sistem pendukungnya  sehingga proses pembakaran menjadi jauh lebih tidak sempurna dan kenderaan inilah yang berperan sebagai penyuplai pencemaran udara. Banyak masyarakat kita punya prediksi bahwa selama mesin kenderaannya dapat dihidupkan dan tidak rewel merupakan kesimpulan engine/mesin masih bekerja optimal. Pemahaman inilah yang semestinya bergeser dari semua kalangan dengan beragam type kendaraan yang dimiliki

Pengelompokan dari perkembangan teknologi yang diterapkan pada mesin/engine kendaraan bermotor dapat dibagi dalam beberapa kelompok,

Engine/mesin bensin (Petrol engine)
1.       Engine/mesin dengan menggunakan sistem bahan bakar karburator dan pengapian konvensionak
2.       Engine/mesin dengan menggunakan sistem injeksi dan pengapian electronis
3.       Engine menggunakan sistem engine management dan katalik converter (katalisator)

Engine/mesin solar (diesel engine)
1.       Engine/mesin menggunakan sistem injeksi langsung
2.       Engine/mesin menggunakan sistem injeksi tidak langsung

Perbandingan emisi gas buang antara mesin bensin dan diesel adalah Gas buang motor bensin jauh lebih berbahaya dibanding dengan mesin diesel, emisi gas buang mesin bensin pada umumnya tidak terlihat oleh mata namun sangat membahayakan untuk kelangsungan hidup manusia

CO (Corbon monoksida) tidak berwarna dan tidak beraroma, gas ini terjadi bila bahan bakar atau unsur C tidak mendapat ikatan yang cukup dengan O2 artinya udara yang masuk keruang silinder kurang atau suplai bahan bakar berlebihan



HC (Hidro carbon) Warna kehitam-hitaman dan beraroma cukup tajam , gas ini terjadi apabila proses pembakaran pada ruang bakar tidak berlangsung dengan baik atau suplai bahan bakar berlebihan

Pb (timah hitam) tidak berwarna dan tidak beraroma memiliki berat jenis lebih berat dari udara , partikel ini terjadi pada semua bahan bakar yang menggunakan timbal seperti bensin dan premix



CO2 (Carbon diosida), tidak berwarna dan tidak beraroma, gas ini terjadi akibat pembakaran yang sempurna antara bahan bakar dan udara dalam hal ini ogsigen

NOX (Nitrogenoksida), tidak berwarna dan tidak beraroma, gas ini terjadi akibat panas yang tinggi pada ruang bakar akibat proses pembakaran sehingga kandungan nitrogen pada udara berubah menjadi NOX

Partikel asap (Smoke) berwarna hitam keabu-abuan dari hasil pembakaran engine/mesin diesel, hal ini terjadi karena kurangnya suplai udara yang akan bersenyawa dengan bahan bakar, tekanan pembukaan injector rendah, saat penginjeksian tidak tepat dan beban yang berlebihan
Bila kandungannya pada suatu ruangan mencapai 3000 ppm (Part per million) dapat membunuh manusia dalam waktu  ~30 menit, karena sifat carbon monoksid mudah beradaptasi dengan darah dan kandungan CO pada darah akan menolak ogsigen yang dibutuhkan oleh darah sehingga tubuh kekurangan ogsigen dan tamatlah riwayatnya

Gas ini dapat mengakibatkan iritasi pada mata, hidung dan tenggorokan dan pada akhirnya menjadi penyakit yang serius



Partikel ini sangat berbaya bagi kelangsungan hidup generasi penerus karena partikel melayang pada ketinggian kurang dari 1 meter dari permukaan tanah dan konsumennya adalah anak-anak, partikel ini akan merusak jaringan otak anak dan menurunkan tingkat kecerdasannya.

Gas ini mempunyai berat jenis yang lebih kecil dari udara, sehingga cepat sekali bergerak keatas dan mengakibatkan efek rumah kaca dan pemanasan global.

Gas ini mempunyai berat jenis yang lebih kecil dari udara dan mengambil tepat di awan dan menimbulkan hujan asam yang mempengaruhu tumbuh-tumbuhan


Partikel asap ini dapat menimbulkan iritasi mata, saluran pernafasan, tenggorokan dan gejala kanker

Pembakaran yang lebih tidak sempurna pada engine/mesin dapat disebabkan dua faktor

1.       Faktor internal dari engine tersebut meliputu kerja

-          Mekanisme engine/mesin
-          Sistem bahan bakar
-          Sistem pengapian
-          Kondisi komponen sistem yang mengalami kerusakan atau erosi mekanis dan elektris
-          Spesifikasi penyetelan yang kurang tepat

2.       Faktor eksternal

-          Prilaku pengemudian kendaraan
-          Kwalitas bahan bakar yang menurun
-          Beban berlebihan

Mekanisme engine yang tidak berfungsi sebagai mana mestinya untuk mengasilkan tekanan kompresi yang cukup guna merubah ujud bahan bakar dari patikel kecil dari pengatomosasian sistem bahan bakar menjadi gas yang siap dibakar pada ruang bakar. Sumber permasalahannya dapat diakibatkan banyak hal mulai dari kondisi katup, ring piston, dinding silinder, carbon defosit pada ruang bakar, kotoran yang menyumbat intake manifold. 

Tindakan yang seharunya dilakukan untuk selalu mempertahankan kerja optimal dari mekanisme engine adalah dengan merawat kendaraan secara berkala pada bengkel-bengkel yang punya kompetensi untuk perawatan tersebut disamping perawatan dan pemeriksaan kita secara rutin terhadap tinggi oli dan jumlah air pendingin (Open loop sistem) dan kodisi visual lainnya

Sistem bahan bakar, sistem ini akan menyuplai bahan bakar yang dibutuhkan untuk proses pembakaran pada ruang bakar engine/mesin secara proporsional, untuk teknologi sistem bahan bakar injeksi tentunya lebih baik dibandingkan dengan sistem yang menggunakan karburator sebab pada sistem injeksi dilengkapi dengan sensor yang meraba point seperti debit udara yang masuk keruang silinder, temperatur mesin, posisi katup gas (beban) dan sensor lainnya untuk menentukan jumlah bahan bakar yang diperlukan . 

Bila sistem ini tidak menjalankan tugasnya sebagaimana mestinya maka penyulaian bahan bakar dan pengatomisasiannya terganggu dan mengakibatkan pembakaran yang jauh dari sempurna artinya akan menghasilkan emisi gas buang yang melampaui batas ambang. Agar sistem dapat bekerja secara optimal maka kita perlu melakukan perawatan secara berkala , dan tidak terlepas dari perawatan kita secara rutin terhadap pembersihan filter udara , khususnya pada engine/mesin diesel seperti phanter, taft , bus, truk dan diesel pada umumnya sesering mungkin membersihkan filter udara agar jumlah udara yang dibutuhkan pada proses pembakaran dapat terpenuhi sehingga partikel asap hitam dapat diturunkan sekecil mungkin.

Pembersihan filter dapat dilakukan dengan sangat mudah menggunakan udara tekan dari bagian dalam filter (arah berlawanan dari kerja filter), hal ini dapat merningkatkan kapasitas kerja filter hingga penggantian secara periodik. Jadi jangan menyimpulkan bahwa jadwal penggantian filter dapat mempertahankan kapasitas kerjanya secara periodik.

Sistem pengapian, sistem ini memungkinkan dapat menyulut atau melakukan pembakaran campuran udara dan bahan bakar tepat pada waktunya sehingga hambatan proses pembakaran dapat ditekan sekecil mungkin dan tentunya mendapatkan tenaga yang maksimum. Sistem akan bekerja seoptimal mungkin bila komponen sistem pada kondisi yang prima, busi misalnya setiap kali melancatkan tegangan tinggi hasil induksi coil, akan mengalami erosi elektris sehingga gap busi menjadi lebih besar dan penampang yang terdekat diatara kedua elektroda menjadi lebih kecil akibatnya percikan api menjadi lebih kecil juga, sehingga reaksi atau kecepatan pembakaran lebih lamban. Komponen lain yang mengalami erosi mekanis dan elektris akan menurunkan efektifitas kerja sistem pengapian.

Pengecekan dan penyetelan saat pengapian yang tepat (Adjustable), menjadi bagian yang penting juga diperhatikan dan secara kontinu mendapat perawatan (tentunya untuk pengapian electronik dan engine management sisten akan lebih terpelihara spesifikasinya selama perlakuan terhadap engine/mesin dilakukan secara wajar dan benar) pada akhirnya proses pembakaran terganggu dan terjadi pemborosan bahan bakar serta meningkatkanya kadar emisi gas buang yang berbahaya.

Engine management sistem dengan close loop system telah menyempurnakan kerja dari beberapa sistem pendukung mekanisme engine guna mengoptimalkan tenaga engine/mesin dan sekaligus peningkatan efisiensi pemakaian bahan bakar serta menekan emisi gas buang sekecil mungkin ditambah lagi dengan penggunaan katalisator yang terpasang pada knalpot (muffler) untuk membakar ulang atau melakukan penetrasi secara kimia terhadap emisi gan buang yang beracun seperti CO, HC, dan NOX.
Terdapat dua macam kalisator yang digunakan pada kendaraan

1.       Two way catalytic converter, proses kimia penetrasi menggunakan bahan dasar platinum dan palladium sebagai katalis yang mampu merubah 2 unsur gas buang yang beracun yaitu HC (Hydrocarbon) dan CO (Cabon monoxide) menjadi H2O (Water) dan CO2 (Carbon dioxide), penggunanaan kalisator ini masih harus dilengkapi dengan EGR (Exhaust gas recirculating) untuk mencegah terjadinya NOX (Nitrogen ocxide) akibat temperatur yang tinggi.

2.       Three way catalytic converter, proses penetrasi ditambahkan dengan inti ceramic dan lapisan rhodium sebagai katalis yang mencegah terjadinya oksidasi nitrogen menjadi nitrogen oksida (NOX). Dengan demikian katalisator ini mampu melakukan penetrasi terhadap ketiga gas beracun dari knalpot.

Pada engine/mesin diesel, mekanisme engine mempunyai peran penting disamping fuel system, mekanisme engine harus bekerja optimal menghasilkan tekanan kompresi yang jauh lebih besar dari engine/mesin bensin. Proses pembakaran solar harus terjadi dengan sendirinya, oleh sebab itu temperatur yang dihasilkan dari tekanan kompresi harus tinggi dan bahan bakar solar diijeksi keruang bakar maupun ruang muka dengan tekanan yang tinggi sehingga terkarburasi/teratomisasi dengan baik dan dapat terbakar.

Mekanisme engine/mesin diesel lebih sensitif dibanding bensin, tuntutan perawatan berkala harus lebih ketat dan pemeriksaan tinggi permukaan oli mesin dan air pendingin radiator harus rutin dilakukan. Demikian juga pada sistem bahan bakar (fuel System) juga menuntut sentuhan yang profesional agar kerja sistem selalu optimal mengijeksikan bahan bakar solar keruang bakar dengan tekanan yang sangat tingg.
 
Filter udara pada sistem bahan bakar harus selalu mempunyai kapasitas yang tinggi agar jumlah udara yang dibutuhkan selalu terpenuhi sebab partikel asap yang terjadi pada knalpot sebagian besar disebabkan kurangnya ogsigen yang harus bersenyawa dengan sejumlah solar pada ruang bakar. Begitujuga filter solar yang mampu menyuplai solar yang bersih kedalan pompa injeksi agar pompa yang bekerja sangat presisi dapat bekerja optimal.

Pada engine diesel juga menghasilkan gas-gas beracun dan partikel asap, gas beracun seperti CO dan HC yang dihasilkan oleh mesin diesel kecil sekali dibanding mesin bensin karena temperatur proses pembakaran cukup tinggi. Partikel asap hitam yang terjadi pada
 
Banyak sekali teknologi emisi kontrol yang diterapkan pada engine/mesin yang berbeda dan dengan istilah yang berbeda pada sistem yang sama,seperti, keseluruhannya adalah untuk menekan emisi sekecil mungkin dan menghidari pemborosan pemakaian bahan bakar.

Satu hal yang menarik tentunya adalah keuntungan yang kita dapatkan dari perlakuan terhadap kendaraan baik dari perawatan yang rutin dan cara mengemudi yang baik
-          Kendaraan akan terhindar dari kerusakan yang akan menelan biaya besar
-          Umur kendaraan lebih panjang
-          Biaya operasional lebih kecil dari penggunaan bahan bakar
-          Terhindar dari ancaman gas buang
-          Berbuat amal bagi kelangsungan hidup manusia 

Semoga bermanfaat

[E-BOOK] : "Memperbaiki Kerusakan Sistem Bahan Bakar Diesel" Free Download

 
Salam otomotif sobat.
Kembali lagi saya ingin membagikan e-book bermanfaat untuk sobat2. Kali ini berkenaan dengan sistem bahan bakar diesel. Berikut cuplikan materinya. 

Pendahuluan Motor Diesel
Penemu motor diesel adalah seorang ahli dari Jerman, bernama Rudolf Diesel (1858 – 1913). Ia mendapat hak paten untuk mesin diesel pada tahun 1892, tetapi mesin diesel tersebut baru dapat dioperasikan dengan baik pada tahun 1897.

Tujuan Rudolf Diesel
Menaikkan rendemen motor (rendemen motor bensin = 30%, rendemen motor diesel = 40 – 51%)
Mengganti sistem pengapian dengan sistem penyalaan sendiri, karena sistem pengapian motor bensin pada waktu itu kurang baik
Mengembangkan sebuah mobil yang dapat dioperasikan dengan bahan bakar lebih murah daripada bensin

Kesulitan Rudolf Diesel
Belum ada pompa injeksi yang dapat menyemprotkan bahan bakar dengan tekanan tinggi, karena untuk menyemprotkan bahan bakar pada silinder yang bertekanan tinggi diperlukan konstruksi pompa yang khusus.

Di akhir tahun 1922, Robert Bosch mulai mengadakan penelitian, percobaan, dan pengembangan sistem penyemprotan bahan bakar pada motor diesel. Akhirnya usaha itu berhasil dengan diproduksinya seri pertama pompa injeksi pada tahun 1927. 

Ingin materi selengkapnya? sobat bisa mendownload e-book gratisnya lewat link download di bawah ini.

Semoga bermanfaat

Link Download :
----------------------------------------------
Download e-book sistem bb diesel (Word)
----------------------------------------------

[ANIMASI] : SIMULATOR SISTEM PEMINDAH TENAGA (POWER TRAIN) MOBIL

 
Selamat pagi sobat.
Setelah sebelumnya admin membahas mengenai materi e-book differential dan poros propeller, kali ini sebagai pelengkapnya. Bumbu pembelajaran yang bakal admin bagikan adalah animasi sebagai penunjang kelengkapan belajar teori siswa maupun khalayak ramai.

Animasi simulator sistem pemindah tenaga ini mencakup seluruh komponen yang ada di mobil diantaranya : kopling, transmisi, propeller shaft, differential dan poros penggerak roda. Tersedia dengan berbagai jenis penggerak mobil seperti Front Engine Rear Drive (FR), Front Engine Front Drive (FF) dan juga 4 Wheel Drive (4WD).

Didalam simulasi ini kelengkapan langkah/proses kerja dari awal sampai akhirpun dijelaskan secara detail. Jadi jangan khawatir meski bahasa yang dipakai didalamnya ada juga yang berbahasa China, tapi ada juga yang berbahasa inggrisnya.

Diharapkan dengan adanya simulasi animasi power train ini adalah mempermudah proses pembelajaran agar materi bisa tersampaikan dengan baik, sehingga tiba waktu proses praktek siswa dengan baik memahami dan mampu melaksanakan sesuai SOP yang ada.

Berikut screenshoot nya :

FR
  

FF

4WD


Jika sobat tertarik, bisa mendownload simulasinya lewat link dibawah ini.

Semoga bermanfaat

Link Download : 
--------------------------------------------
Download Animasi simulasi power train
 
--------------------------------------------

[E-BOOOK] : "PROPELLER SHAFT" Free Download

Selamat pagi sobat. 
Kembali Admin ingin share lagi e-book gratis masih berkaitan dengan komponen sistem pemindah tenaga. Kali ini berkenaan dengan Poros Propeller/Propeller Shaft. 

Propeller shaft ( pada kendaraan FR dan kendaraan  4 WD ) memindahkan tenaga  dari transmisi  ke differensial  .  Transmisi umumnya terpasang pada chasis frame , sedangkan differensial   dan sumbu  belakang ( rear axle ) disangga oleh suspensi  sejajar dengan roda belakang .  Oleh sebab itu  posisi differensial  terhadap transmisi  selalu berubah rubah  pada saat kendaraan berjalan , sesuai dengan permukaan jalan dan beban kendaraan. 

Propeller shaft  dibuat sedemikian rupa agar dapat memindahkan tenaga  dari transmisi  ke differensial   dengan lembut tanpa dipengaruhi akibat adanya perubahan – perubahan  tadi .   Untuk tujuan ini universal joint dipasang pada setiap ujung propeller shaft ,  fungsi nya untuk menyerap perubahan sudut dari suspensi .
Selain itu sleeve Yoke bersatu untuk menyerap perubahan antara transmisi dan differensial .

Ingin materi selengkapnya? sobat bisa mendownload e-book gratisnya lewat link download di bawah ini.

Semoga bermanfaat

Link Download :
--------------------------------------------
Download e-book propeller shaft (word)
Download e-book propeller shaft (ppt) 
--------------------------------------------

[E-BOOK] : "DIFFERENTIAL" Free Download

 
Selamat pagi sobat. Kali ini Admin ingin membagikan e-book gratis lagi mengenai komponen sistem pemindah tenaga. Langsung saja.

Differential adalah bagian dari sistem pemindah tenaga yang ada di kendaraan roda empat.

Komponen otomotif yang dikenal  pada diffrensial  terdiri dari  dua bagian yaitu : 
·         Final Gear  Dan
·         Defferential gear dan mempunyai  fungsi sebagai berikut          :

Final Reduction   
Putaran poros engkol  setelah dirubah  oleh transmisi  selanjutnya diperkecil  oleh final gear  untuk memperoleh  momen yang besar .

Differention

Differensial depan dan belakan
Susunan roda gigi defferensial dibuat untuk menghasilkan kecepatan putaran roda sebelah dalam berbeda  dengan kecepatan  putaran roda sebelah luar  pada saat kendaraan berbelok sehingga roda tidak akan terjadi slip. 

Ingin materi selengkapnya? sobat bisa mendownload e-book gratisnya lewat link download di bawah ini.

Semoga bermanfaat

Link Download :
----------------------------------
 Download e-book differential
----------------------------------

Tutorial Download (Cara Download) :

1. Pilih salah satu link download yang tersedia 4shared /ziddu /Dll.

2. Tunggu proses halaman selama 5 Detik.

3. Klik tulisan Lewati / Skip Ad pada pojok Kanan atas.

Photobucket

4. Halaman Download akan tersedia.

Catatan: untuk mendownload dari 4shared, pastikan anda sudah mempunyai account 4shared terlebih dahulu

Update via Email

Mendaftar untuk Update Terkini