Apakah keuntungan mengisi ban dengan nitrogen?


Ban adalah komponen yang sangat penting pada kendaraan terutama kendaraan roda dua. Banyak kecelakaan yang disebabkan oleh kegagalan dari fungsi ban. Beberapa kecelakaan pada kendaraan roda dua yang disebabkan oleh ban terjadi karena meletusnya ban terutama ban depan. Pada kesempatan ini penulis membahas salah satu cara untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan karena kegagalan fungsi ban dengan mengisi ban dengan nitrogen.

 Untuk memeperoleh sumber yang kompeten penulis melakukan wawancara dengan workshop head dari AHASS Astra Hso Yogyakarta yang berlokasi di Jalan Magelang Km 7,2 Jombor, Mlati, Sleman. Berdasarkan wawancara dengan Bapak Agus Haryo Prasetyo pada Sabtu, 29 Januari 2011, penulis menulis memperoleh 3  point utama mengenai keuntungan mengisi ban dengan nitrogen. Berikut adalah uraiannya.


 1. Nitrogen lebih lambat keluar dari pori-pori ban
Berdasarkan data dari wikipedia.com ukuran molekul gas nitrogen lebih besar dari gas oksigen. Hal tersebut juga dibenarkan oleh Bapak Agus. Karena besarnya ukuran molekul, maka gas nitrogen akan lebih susah keluar dari ban melalui pori-pori. Tekanan ban yang diisi dengan nitrogen akan terjaga pada periode yang relatif lebih lama dari ban yang diisi dengan udara biasa.

2. Nitrogen lebih susah bereaksi dengan karet dan logam
Udara bebas terdiri dari campuran 20% oksigen dan 80% nitrogen dan sedikit sekali gas-gas lainnya. Dengan kadar oksigen yang cukup besar, dan juga oksigen merupakan gas yang lebih reaktif dari nitrogen, maka karet dan velg dari ban yang diisi dengan nitrogen akan lebih awet dari pada ban yang diisi dengan udara biasa.

3. Tekanan lebih stabil
Pada udara biasa, terutama di wilayah katulistiwa kandungan uap air cukup tinggi. Karena uap air yang mudah mengembun jika dingin dan menguap jika panas, maka tekanan di dalam ban yang diisi udara biasa menjadi tidak stabil. Dengan pengisian ban dengan nitrogen, tentu saja tekanan ban tetap pada setiap perubahan temperatur. Dari ketiga point tersebut di atas maka pengisian ban dengan gas nitrogen sangatlah menguntungkan.
Dari segi keamanan pengisian nitrogen pada ban jelas secara tidak langsung dapat menurunkan kemungkinan terjadinya kecelakaan. Dari segi ekonomi juga sangat menguntungkan karena dapat memperpanjang umur dari ban, dan juga velg kendaraan. Apalagi dengan harga pengisian yang relatif murah di Planet Ban hanya Rp. 5000,- / ban maka pengisian nitrogen pada ban perlu dipertimbangkan.


Ditulis Oleh : Unknown ~ Automotive Learning Center

Christian angkouw Sobat sedang membaca artikel tentang Apakah keuntungan mengisi ban dengan nitrogen?. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Posting Komentar

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentar yang bermanfaat. Terima Kasih

Tutorial Download (Cara Download) :

1. Pilih salah satu link download yang tersedia 4shared /ziddu /Dll.

2. Tunggu proses halaman selama 5 Detik.

3. Klik tulisan Lewati / Skip Ad pada pojok Kanan atas.

Photobucket

4. Halaman Download akan tersedia.

Catatan: untuk mendownload dari 4shared, pastikan anda sudah mempunyai account 4shared terlebih dahulu

Update via Email

Mendaftar untuk Update Terkini