[PENDIDIKAN] : "PAMERAN DAN SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FPTK UPI(13-14 Nov 2013)"

 

"Pengembangan Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Untuk Menyiapkan Sumber Daya Manusia Unggul"

PENDAHULUAN
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mutakhir dewasa ini membawa dampak yang sangat signifikan terhadap perubahan tuntutan dan kebutuhan masyarakat pada setiap bidang kehidupan. Tak terkecuali pada bidang pendidikan sebagai komponen strategis pembangunan bangsa. Tuntutan dan kebutuhan akan lulusan lembaga pendidikan yang memiliki keunggulan komparatif menjadi dasar pentingnya perubahan mendasar paradigma pendidikan.

Pendidikan Teknologi dan Kejuruan sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional secara langsung berhubungan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tentunya paradigma yang dirancang harus diarahkan pada terbentuknya suatu tatanan sistem pendidikan yang memiliki kekuatan dalam daya suai terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kejelasan akan orientasi dan tatanan sistem pendidikan menempatkan tujuan kelembagaan diletakkan sebagai sentral dalam upaya pencapaian lulusan yang memiliki keunggulan dan daya saing tinggi. Prasyarat yang mutlak dipenuhi adalah terciptanya kelembagaan yang memiliki sIstem tatakelola dan layanan mutu penyelenggaraan pendidikan.

FPTK UPI sebagai bagian dari LPTK-PTK mempunyai peran dalam menghasilkan tenaga pendidik dan instruktur pada bidang pendidikan teknologi dan kejuruan yang unggul dan memiliki daya saing tinggi. Pencapaian peran tadi mensyaratkan adanya pengokohan tata kelola dan mutu penyelenggaraan pendidikan yang mengedepankan pada kualitas layanan dan penguatan jejaring dengan stakeholder yakni pihak SMK, Dunia Industri, Asosiasi Profesi, dan Direktorat PSMK Kemdikbud Republik Indonesia.

FPTK EXPO 2013 yang digagas ini diharapkan mampu menampilkan sosok kualitas dan kinerja kelembagaan FPTK UPI serta kekuatan jaringan dengan stakeholder dalam membangun sebuah tatanan sistem pendidikan teknologi dan kejuruan yang unggul dan berkualitas.

MAKSUD
Menampilkan profil dan kinerja kelembagaan FPTK UPI dalam bentuk karya-karya yang dilakukan dosen-dosen dan mahasiswa FPTK UPI meliputi enam jurusan, yakni: Jurusan Pendidikan Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Agroindustri dan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga.

TUJUAN
Mengokohkan tatakelola dan mutu layanan penyelenggaraan Pendidikan Teknologi dan Kejuruan pada era globalisasi dan iklim kompetitif dengan membangun sebuah sistem kerjasama FPTK UPI dengan stakeholder dalam menyiapkan kebutuhan SDM unggul dan professional di bidang pendidikan teknologi dan kejuruan, dunia usaha dan dunia industri.

BENTUK  KEGIATAN

  1. PAMERAN PENDIDIKAN DAN PRODUK INOVATIF
    Maksud dan Tujuan
    Memperkenalkan dan memamerkan produk-produk unggulan dan inovasi yang telah dihasilkan oleh dosen dan mahasiswa dari enam jurusan (Pendidikan Teknik Sipil, Arsitektur, Elektro, Mesin, Agroindustri, dan PKK), baik hasil Tugas Akhir ataupun hasil penelitian mahasiswa berupa poster atau produk jadi. Juga menampilkan mitra dari SMK-SMK se-Bandung Raya dengan berbagai bidang studi keahlian serta produk-produk yang dibuat dan dikembangkan dunia industri.

    Sasaran
    Sasaran pameran ini adalah
    • Peserta seminar nasional pendidikan
    • Sivitas akademika UPI
    • SMK-SMK Se-Bandung Raya
    • Pelaku dan pemerhati pendidikan teknologi dan kejuruan

      Deskripsi Kegiatan
      Produk-produk unggulan atau inovasi dari setiap jurusan akan dipamerkan selama 2 hari, berupa hasil penelitian dosen-dosen, hasil produk Tugas Akhir dan hasil penelitian mahasiswa. Pameran akan lebih menarik dengan adanya presentasi dan demonstrasi langsung dari setiap karya-karya yang dipamerkan, Selain itu akan dihadirkan pula klinik konsultasi Bidang Teknologi dan Kejuruan, kreasi seni mahasiswa dan dosen serta bazar murah yang disediakan sivitas akademika FPTK UPI.

      Kegiatan pameran juga melibatkan SMK-SMK Se-Bandung Raya yang merepresentasikan bidang keahlian yang serumpun dengan program studi yang ada di FPTK UPI. Selain itu menampilkan Dunia Usaha dan Dunia Industri yang menjadi mitra serta Industri-industri yang menampilkan dan mempromosikan produknya dalam pameran.
      Kegiatan pameran juga dirancang akan menampilkan program tayangan televisi studio TRANS7 pada program MAKAN BESAR yang berkaitan dengan produk bidang keahlian Tata Boga.*

  2. SEMINAR  NASIONAL
    Maksud danTujuan
    Memperoleh informasi berkenaan dengan hasil-hasil riset keilmuan dan inovasi pada bidang pendidikan, pengembangan teknologi dan kejuruan, potret terkini profil guru/instruktur kejuruan, model pengembangan kerjasama LPTK-PTK dengan stakeholder, peluang serta tantangan kualitas SDM di bidang pendidikan teknologi dan kejuruan, dunia usaha dan dunia industri.

    Sasaran
    Sivitas akademika UPI (dosen, mahasiswa, dan teknisi), pemerhati dan praktisi pada bidang PendidikanTeknologi dan Kejuruan, serta pelaku dunia usaha dan dunia industri.
WAKTU DAN TEMPAT

  1. Pelaksanaan Pameran Pendidikan dan Produk Inovatif serta Pentas Seni
  2. Hari/Tanggal : Rabu-Kamis, 13-14 Nopember 2013
    Waktu          : 08.00 – 17.00
    Tempat        : Kampus FPTK  UPI
    Jl. Dr. Setiabudhi No. 207 Bandung


  3. Pelaksanaan Seminar Nasional
  4. Hari/Tanggal : Kamis, 14 Nopember 2013
    Waktu          : 08.00 – 16.30
    Tempat        : Auditorium FPTK UPI

Untuk lebih jelasnya rangkaian pelaksanaan kegiatan Seminar Nasional Pendidikan, bisa dilihat pada file download.

Download
Lampiran EXPO FPTK 2013.zip

Semoga bermanfaat

Ditulis Oleh : Unknown ~ Automotive Learning Center

Christian angkouw Sobat sedang membaca artikel tentang [PENDIDIKAN] : "PAMERAN DAN SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FPTK UPI(13-14 Nov 2013)". Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Posting Komentar

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentar yang bermanfaat. Terima Kasih

Tutorial Download (Cara Download) :

1. Pilih salah satu link download yang tersedia 4shared /ziddu /Dll.

2. Tunggu proses halaman selama 5 Detik.

3. Klik tulisan Lewati / Skip Ad pada pojok Kanan atas.

Photobucket

4. Halaman Download akan tersedia.

Catatan: untuk mendownload dari 4shared, pastikan anda sudah mempunyai account 4shared terlebih dahulu

Update via Email

Mendaftar untuk Update Terkini