[E-BOOK] : "ELECTRONIC FUEL INJECTION (EFI) BAHASA INGGRIS"
Sejarah singkat EFI
Sejarah singkat percobaan sistem injeksi pada motor bensin
Sejak Robert Bosch berhasil membuat pompa injeksi Diesel putaran tinggi
(1922-1927), maka dimulailah percobaan-percobaan untuk memakai pompa
injeksi tersebut pada motor bensin. Pada mulanya pompa injeksi motor
bensin dicoba, bensin langsung disemprotkan ke ruang bakar (seperti motor Diesel). Kesulitan akan terjadi waktu motor
masih dingin, karena bensin akan sukar menguap karena temperatur rendah,
akibatnya bensin akan mengalir ke ruang poros engkol dan bercampur
dengan oli , bila motor sudah panas masalah ini tidak ada lagi.
Untuk mengatasi kesulitan ini, maka penyemprotan langsung pada ruang
bakar, diganti dengan penyemprotan pada saluran masuk. Elemen pompa juga
harus diberi pelumasan sendiri, karena bensin tidak dapat melumasi
elemen pompa seperti solar, itu berarti pembuatan konstruksi elemen
lebih sulit dan mahal.
Para ahli konstruksi terus berusaha merancang suatu sistem injeksi
bensin yang berbeda dari sistem – sistem terdahulu ( tanpa memakai pompa
injeksi seperti motor Diesel ), terutama untuk pesawat terbang kecil
cukup tertarik memakai sistem injeksi bensin, karena pesawat terbang
yang memakai karburator akan mengalami kesulitan antara lain : · Saluran masuk tertutup es
· Posisi dan gerakan pesawat mempengaruhi kerja karburator
Untuk efisiensi pemakaian bahan bakar, motor 2 tak & motor rotari (Wankel) juga suka memakai sistem injeksi. Prinsip dasar sistem injeksi yang dipakai pada mobil-mobil saat ini mulai selesai sekitar tahun 1960, dan tahun 1967 industri Mobil VW mulai memakai sistem injeksi D (D-Jetronik), sistem ini pertama kali memakai Unit Pengontrol Elektronika .Dari tahun 1973 sampai saat ini sistem injeksi K (K-Jetronik) & L-Jetronik serta Mono-Jetronik sudah dipakai pada mobil. Sistem-sistem injeksi ini merupakan pilihan lain dari sistemkarburator, terutama pada negara-negara yang mempunyai aturan yang ketat terhadap kondisi gas buang.
sumber
Jika sejarah EFI sudah sobat tau sekarang, enggak komplit kalo tidak dilanjutkan dengan memiliki e-book gratisnya juga untuk dikoleksi berikut dbawah ini. Namun agar teliti dulu sebelum mendownload, e-book yang saya bagikan kali ini berbahasa inggris loh, admin sengaja kok, insya allah postingan berikutnya akan dbagikan e-book EFI berbahasa Indonesia juga. So enjoy guys
Semoga bermanfaat
Link Download :
----------------------------------------------------------------------------------
Download EFI 1 (System Overview)
Download EFI 2 (Air Induction System)
Download EFI 3 (Fuel Delivery and Injection Control)
Download EFI 4 (TCCS Ignition System)
Download EFI 5 (Engine Control Parts - ECU Process and Output Function)
Download EFI 6 (Engine Control Parts - Idle Speed Control)
Download EFI 7 (Diagnosis)
----------------------------------------------------------------------------------
Ditulis Oleh : Unknown ~ Automotive Learning Center
Sobat sedang membaca artikel tentang [E-BOOK] : "ELECTRONIC FUEL INJECTION (EFI) BAHASA INGGRIS". Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya
0 komentar:
Posting Komentar
Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentar yang bermanfaat. Terima Kasih