[DUNIA KERJA] : "KULIAH VS KERJA??"


Kuliah atau kerja yang duluan menjadi pertanyaan yang sering kali terlontar dari tamatan SMA dan sederajat, Mau kuliah dulu atau kerja dulu, keduanya tidak ada yang salah. Semua keputusan benar asalkan dijalankan dengan penuh hati. Keputusan yang diambil (kuliah atau kerja) bisa menjadi sebuah kesalahan kalau kita tak ikhlas menjalaninya.

Berikut adalah kelebihan dan kekurang masing-masing dari kuliah dan bekerja ;
  1. Kuliah
    Ini yang paling lazim dilakukan banyak orang; setelah lulus SMA langsung melanjutkan kuliah, asalkan tak terbentur biaya biasanya mereka langsung mendaftar di PTN atau PTS favoritnya. Dan berikut adalah keuntungannya;
Lingkungan belajar yang kondusif; kampus adalah tempat yang cocok untuk belajar segala hal dari teori hingga praktek dan kita tak perlu takut untuk bereksperimen dengan apapun. Berbeda dengan lingkungan kantor(kerja) dimana kita dituntun untuk tidak melakukan kesalahan.

Modal Ijazah; setelah kurang lebih 4 tahun kuliah maka kita akan mendapatkan teori perkuliahan dan yang terpenting adalah ijazah. Dengan ijazah maka kemampuan kita diakui oleh negara, selain itu ijazah masih menjadi patokan rata-rata perusahaan dalam merekrut karyawan baru dibandingkan pengalaman kerja.
Berjejaring sosial; Dengan lingkungan kampus yang di dalamnya terdapat banyak orang dan waktu kuliah yang lebih sedikit dibandingkan saat bekerja(8 jam sehari) maka kita lebih mudah membangun jaringan pertemanan dibanding bila sudah bekerja kantoran.
  1. Kerja
    Berbeda jika kita memulai dengan kerja terlebih dulu baru kuliah, biasanya hal ini dilakukan secara simultan; bekerja untuk membiayai kuliah sehingga saat lulus, selain ijazah kita pun sudah mendapat pengalaman kerja. Beberapa keuntungan bila bekerja adalah:Belajar dari pengalaman; bekerja bisa dibilang membuktikan teori yang kita pelajari di kuliah, tanpa mempelajari teori mungkin kita akan lebih sulit dalam bekerja namun itu bukanlah sebuah kekurangan karena pengalaman adalah guru terbaik.
    Pengalaman kerja; sudah tentu bekerja memberikan pengalaman berbeda yang bisa menjadi keunggulan tersendiri dibanding mereka yang masih duduk dibangku kuliah. Mendapatkan pengalaman kerja, artinya selangkah lebih maju dibandingkan mahasiswa lainnya.
    Jenjang karir; setiap orang memulai jenjang karirnya dari bawah lalu perlahan naik. Bila kita memulai meniti karir lebih awal maka harusnya kita dapat mencapai jenjang atas lebih dulu dibandingkan orang lain. Berbeda dengan lulusan kuliah tanpa pengalaman kerja, biasanya mereka mesti meniti dari bawah.
Apapun pilihanmu; bekerja baru kuliah atau kuliah lalu bekerja, semua baik untuk dilakukan. Karena kesuksesan tidak melulu datang dari bangku sekolah dan ingat pula bahwa hanya sedikit orang yang putus sekolah atau tidak kuliah lalu sukses di dunia.

Bill Gates memang putus kuliah, Bob Sadino juga tidak selesaikan sekolahnya tapi mereka gigih berjuang untuk ‘membalas’ kekurangan mereka di bangku sekolah/kuliah dan akhirnya pun mereka sama bahkan lebih baik dari orang yang sekolah/lulus kuliah.

Intinya adalah kuliah untuk menunjang pekerjaan yang lebih baik, sedangkan bekerja untuk membiayai kuliah untuk tingkat lanjut. Namu jika pandai membagi waktu Bagusnya  itu kuliah sambil kerja. Karena jika misal lulusan sma bekerja sambil kuliah D3, maka ketika lulus D3, normalnya otomatis kantor memberi promosi jabatan alias naik jabatan. Dan seterusnya S1 ( naik jabatan lagi ), namun tetap saat bekerja kuliah tidak dinomorduakan meski kerja jadi prioritas.

sumber 

Semoga bermanfaat

[E-BOOK] : "ELECTRONIC FUEL INJECTION (EFI) BAHASA INGGRIS"


Sejarah singkat EFI

Sejarah singkat percobaan sistem injeksi pada motor bensin
Sejak Robert Bosch berhasil membuat pompa injeksi Diesel putaran tinggi (1922-1927), maka dimulailah percobaan-percobaan untuk memakai pompa injeksi tersebut pada motor bensin. Pada mulanya pompa injeksi motor bensin dicoba, bensin langsung disemprotkan ke ruang bakar (seperti motor Diesel). Kesulitan akan terjadi waktu motor masih dingin, karena bensin akan sukar menguap karena temperatur rendah, akibatnya bensin akan mengalir ke ruang poros engkol dan bercampur dengan oli , bila motor sudah panas masalah ini tidak ada lagi. 
Untuk mengatasi kesulitan ini, maka penyemprotan langsung pada ruang bakar, diganti dengan penyemprotan pada saluran masuk. Elemen pompa juga harus diberi pelumasan sendiri, karena bensin tidak dapat melumasi elemen pompa seperti solar, itu berarti pembuatan konstruksi elemen lebih sulit dan mahal.
Para ahli konstruksi terus berusaha merancang suatu sistem injeksi bensin yang berbeda dari sistem – sistem terdahulu ( tanpa memakai pompa injeksi seperti motor Diesel ), terutama untuk pesawat terbang kecil cukup tertarik memakai sistem injeksi bensin, karena pesawat terbang yang memakai karburator akan mengalami kesulitan antara lain : · Saluran masuk tertutup es
· Posisi dan gerakan pesawat mempengaruhi kerja karburator

Untuk efisiensi pemakaian bahan bakar, motor 2 tak & motor rotari (Wankel) juga suka memakai sistem injeksi. Prinsip dasar sistem injeksi yang dipakai pada mobil-mobil saat ini mulai selesai sekitar tahun 1960, dan tahun 1967 industri Mobil VW mulai memakai sistem injeksi D (D-Jetronik), sistem ini pertama kali memakai Unit Pengontrol Elektronika .Dari tahun 1973 sampai saat ini sistem injeksi K (K-Jetronik) & L-Jetronik serta Mono-Jetronik sudah dipakai pada mobil. Sistem-sistem injeksi ini merupakan pilihan lain dari sistemkarburator, terutama pada negara-negara yang mempunyai aturan yang ketat terhadap kondisi gas buang.

sumber 

Jika sejarah EFI sudah sobat tau sekarang, enggak komplit kalo tidak dilanjutkan dengan memiliki e-book gratisnya juga untuk dikoleksi berikut dbawah ini. Namun agar teliti dulu sebelum mendownload, e-book yang saya bagikan kali ini berbahasa inggris loh, admin sengaja kok, insya allah postingan berikutnya akan dbagikan e-book EFI berbahasa Indonesia juga. So enjoy guys

Semoga bermanfaat

Link Download :
----------------------------------------------------------------------------------
Download EFI 1 (System Overview)
Download EFI 2 (Air Induction System)
Download EFI 3 (Fuel Delivery and Injection Control)
Download EFI 4 (TCCS Ignition System)
Download EFI 5 (Engine Control Parts - ECU Process and Output Function)
Download EFI 6 (Engine Control Parts - Idle Speed Control)
Download EFI 7 (Diagnosis)
----------------------------------------------------------------------------------

[PENDIDIKAN] : "KURIKULUM 2013" (Free Materi Kurikulum 2013 SMK)

 

Oleh Mohammad Nuh
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI
Artikel ini Sudah Dimuat di Harian Kompas, Kamis, 7 Maret 2013
Dalam beberapa bulan terakhir, harian Kompas memuat tulisan dari mereka yang pro ataupun kontra terhadap rencana implementasi Kurikulum 2013. Saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas berbagai pandangan tersebut.
Saya berkesimpulan, mereka yang mempertanyakan kurikulum 2013 adalah karena ada perbedaan cara pandang atau belum memahami secara utuh konsep kurikulum berbasis kompetensi yang menjadi dasar Kurikulum 2013.
Secara falsafati, pendidikan adalah proses panjang dan berkelanjutan untuk mentransformasikan peserta didik menjadi manusia yang sesuai dengan tujuan penciptaannya, yaitu bermanfaat bagi dirinya, bagi sesama, bagi alam semesta, beserta segenap isi dan peradabannya.
Dalam UU Sisdiknas, menjadi bermanfaat itu dirumuskan dalam indikator strategis, seperti beriman-bertakwa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Dalam memenuhi kebutuhan kompetensi Abad 21, UU Sisdiknas juga memberikan arahan yang jelas, bahwa tujuan pendidikan harus dicapai salah satunya melalui penerapan kurikulum berbasis kompetensi. Kompetensi lulusan program pendidikan harus mencakup tiga kompetensi, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan, sehingga yang dihasilkan adalah manusia seutuhnya. Dengan demikian, tujuan pendidikan nasional perlu dijabarkan menjadi himpunan kompetensi dalam tiga ranah kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan). Di dalamnya terdapat sejumlah kompetensi yang harus dimiliki seseorang agar dapat menjadi orang beriman dan bertakwa, berilmu, dan seterusnya.
Mengingat pendidikan idealnya proses sepanjang hayat, maka lulusan atau keluaran dari suatu proses pendidikan tertentu harus dipastikan memiliki kompetensi yang diperlukan untuk melanjutkan pendidikannya secara mandiri sehingga esensi tujuan pendidikan dapat dicapai.
Perencanaan Pembelajaran
Dalam usaha menciptakan sistem perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian yang baik, proses panjang tersebut dibagi menjadi beberapa jenjang, berdasarkan perkembangan dan kebutuhan peserta didik. Setiap jenjang dirancang memiliki proses sesuai perkembangan dan kebutuhan peserta didik sehingga ketidakseimbangan antara input yang diberikan dan kapasitas pemrosesan dapat diminimalkan.
Sebagai konsekuensi dari penjenjangan ini, tujuan pendidikan harus dibagi-bagi menjadi tujuan antara. Pada dasarnya kurikulum merupakan perencanaan pembelajaran yang dirancang berdasarkan tujuan antara di atas. Proses perancangannya diawali dengan menentukan kompetensi lulusan (standar kompetensi lulusan). Hasilnya, kurikulum jenjang satuan pendidikan.
Dalam teori manajemen, sebagai sistem perencanaan pembelajaran yang baik, kurikulum harus mencakup empat hal. Pertama, hasil akhir pendidikan yang harus dicapai peserta didik (keluaran), dan dirumuskan sebagai kompetensi lulusan. Kedua, kandungan materi yang harus diajarkan kepada, dan dipelajari oleh peserta didik (masukan/standar isi), dalam usaha membentuk kompetensi lulusan yang diinginkan. Ketiga, pelaksanaan pembelajaran (proses, termasuk metodologi pembelajaran sebagai bagian dari standar proses), supaya ketiga kompetensi yang diinginkan terbentuk pada diri peserta didik. Keempat, penilaian kesesuaian proses dan ketercapaian tujuan pembelajaran sedini mungkin untuk memastikan bahwa masukan, proses, dan keluaran tersebut sesuai dengan rencana.
Dengan konsep kurikulum berbasis kompetensi, tak tepat jika ada yang menyampaikan bahwa pemerintah salah sasaran saat merencanakan perubahan kurikulum, karena yang perlu diperbaiki sebenarnya metodologi pembelajaran bukan kurikulum. (Mohammad Abduhzen, “Urgensi Kurikulum 2013”, Kompas, 21/2 dan “Implementasi Pendidikan”, Kompas, 6/3). Hal ini menunjukkan belum dipahaminya secara utuh bahwa kurikulum berbasis kompetensi termasuk mencakup metodologi pembelajaran. 
Tanpa metodologi pembelajaran yang sesuai, tak akan terbentuk kompetensi yang diharapkan. Sebagai contoh, dalam Kurikulum 2013, kompetensi lulusan dalam ranah keterampilan untuk SD dirumuskan sebagai “memiliki (melalui mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji,  menalar, mencipta) kemampuan pikir dan tindak yang produktif  dan kreatif, dalam ranah konkret dan  abstrak, sesuai dengan yang  ditugaskan kepadanya.”
Kompetensi semacam ini tak akan tercapai bila pengertian kurikulum diartikan sempit, tak termasuk metodologi pembelajaran. Proses pembentukan kompetensi itu, sudah dirumuskan dengan baik melalui kajian para peneliti, dan akhirnya diterima luas sebagai suatu taksonomi.
Pemikiran pengembangan Kurikulum 2013 seperti diuraikan di atas dikembangkan atas dasar taksonomi-taksonomi yang diterima secara luas, kajian KBK 2004 dan KTSP 2006, dan tantangan Abad 21 serta penyiapan Generasi 2045. Dengan demikian, tidaklah tepat apa yang disampaikan Elin Driana, “Gawat Darurat Pendidikan” (Kompas, 14/12/2012) yang mengharapkan sebelum Kurikulum 2013 disahkan, baiknya dilakukan evaluasi terhadap kurikulum sebelumnya.
Mengatakan tidak ada masalah dengan kurikulum saat ini adalah kurang tepat. Sebagai contoh, hasil pembandingan antara materi TIMSS 2011 dan materi kurikulum saat ini, untuk mata pelajaran Matematika dan IPA, menunjukkan, kurang dari 70 persen materi TIMSS yang telah diajarkan sampai dengan kelas VIII SMP.
Belum lagi rumusan kompetensi yang belum sesuai dengan tuntutan UU dan praktik terbaik di dunia, ketidaksesuaian materi matapelajaran dan tumpang tindih yang tidak diperlukan pada beberapa materi matapelajaran, kecepatan pembelajaran yang tidak selaras antarmata pelajaran, dangkalnya materi, proses, dan penilaian pembelajaran, sehingga peserta didik kurang dilatih bernalar dan berfikir.
Kompetensi Inti
Kompetensi lulusan jenjang satuan pendidikan pun masih memerlukan rencana pendidikan yang panjang untuk pencapaiannya. Sekali lagi, teori manajemen mengajarkan, untuk memudahkan proses perencanaan dan pengendaliannya, pencapaian jangka panjang perlu dibagi-bagi jadi beberapa tahap sesuai dengan jenjang kelas di mana kurikulum tersebut diterapkan.
Sejalan dengan UU, kompetensi inti ibarat anak tangga yang harus ditapak peserta didik untuk sampai pada kompetensi lulusan jenjang satuan pendidikan. Kompetensi inti meningkat seiring meningkatnya usia peserta didik yang dinyatakan dengan meningkatnya kelas.
Melalui kompetensi inti, sebagai anak tangga menuju ke kompetensi lulusan, integrasi vertikal antarkompetensi dasar dapat dijamin, dan peningkatan kemampuan peserta dari kelas ke kelas dapat direncanakan. Sebagai anak tangga menuju ke kompetensi lulusan multidimensi, kompetensi inti juga memiliki multidimensi. Untuk kemudahan operasionalnya, kompetensi lulusan pada ranah sikap dipecah menjadi dua, yaitu sikap spiritual terkait tujuan membentuk peserta didik yang beriman dan bertakwa, dan kompetensi sikap sosial terkait tujuan membentuk peserta didik yang berakhlak mulia, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab.
 
Kompetensi inti bukan untuk diajarkan, melainkan untuk dibentuk melalui pembelajaran mata pelajaran-mata pelajaran yang relevan. Setiap mata pelajaran harus tunduk pada kompetensi inti yang telah dirumuskan. Dengan kata lain, semua mata pelajaran yang diajarkan dan dipelajari pada kelas tersebut harus berkontribusi terhadap pembentukan kompetensi inti.
Ibaratnya, kompetensi inti merupakan pengikat kompetensi-kompetensi yang harus dihasilkan dengan mempelajari setiap mata pelajaran. Di sini kompetensi inti berperan sebagai integrator horizontal antarmata pelajaran.
Dengan pengertian ini, kompetensi inti adalah bebas dari mata pelajaran karena tidak mewakili mata pelajaran tertentu. Kompetensi inti merupakan kebutuhan kompetensi peserta didik, sedangkan mata pelajaran adalah pasokan kompetensi dasar yang akan diserap peserta didik melalui proses pembelajaran yang tepat, menjadi kompetensi inti. Bila pengertian kompetensi inti telah dipahami dengan baik, tentunya tidak akan ada kritikan bahwa Kurikulum 2013 adalah salah dengan alasan pada “Kompetensi Inti Bahasa Indonesia” tidak terdapat kompetensi yang mencerminkan kompetensi Bahasa Indonesia, karena memang tidak ada yang namanya kompetensi inti Bahasa Indonesia, sebagaimana yang dipertanyakan Acep Iwan Saidi, “Petisi untuk Wapres” (Kompas, 2/3).
Dalam mendukung kompetensi inti, capaian pembelajaran mata pelajaran diuraikan menjadi kompetensi dasar-kompetensi dasar yang dikelompokkan menjadi empat. Ini  sesuai dengan rumusan kompetensi inti yang didukungnya, yaitu dalam kelompok kompetensi sikap spiritual, kompetensi sikap sosial, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan.
Uraian kompetensi dasar sedetil ini adalah untuk memastikan bahwa capaian pembelajaran tidak berhenti sampai pengetahuan saja, melainkan harus berlanjut ke keterampilan, dan bermuara pada sikap. 
Kompetensi dasar dalam kelompok kompetensi inti sikap bukanlah untuk peserta didik, karena kompetensi ini tidak diajarkan, tidak dihafalkan, tidak diujikan, tapi sebagai pegangan bagi pendidik, bahwa dalam mengajarkan mata pelajaran tersebut, ada pesan-pesan sosial dan spiritual yang terkandung dalam materinya. Apabila konsep pembentukan kompetensi ini dipahami, dapat mengurangi bahkan menghilangkan kegelisahan yang disampaikan L. Wiliardjo dalam “Yang Indah dan yang Absurd” (Kompas,  22/2)
Kedudukan Bahasa
Uraian rumusan kompetensi seperti itu masih belum cukup untuk dapat digunakan, terutama saat merancang kurikulum SD (jenjang sekolah paling rendah), tempat dimana peserta didik mulai diperkenalkan banyak kompetensi untuk dikuasai. Pada saat memulainya pun, peserta didik SD masih belum terlatih berfikir abstrak. Dalam kondisi seperti inilah, maka terlebih dahulu perlu dibentuk suatu saluran yang menghubungkan sumber-sumber kompetensi, yang sebagian besarnya abstrak, kepada peserta didik yang masih mulai belajar berfikir abstrak.
Di sini peran bahasa menjadi dominan, yaitu sebagai saluran mengantarkan kandungan materi dari semua sumber kompetensi kepada peserta didik.
Usaha membentuk saluran sempurna (perfect channels dalam teknologi komunikasi) dapat dilakukan dengan menempatkan bahasa sebagai penghela mata pelajaran-mata pelajaran lain. Dengan kata lain, kandungan materi mata pelajaran lain dijadikan sebagai konteks dalam penggunaan jenis teks yang sesuai dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Melalui pembelajaran tematik integratif dan perumusan kompetensi inti, sebagai pengikat semua kompetensi dasar, pemaduan ini akan dapat dengan mudah direalisasikan.
Dengan cara ini pula, maka pembelajaran Bahasa Indonesia dapat dibuat menjadi kontekstual, sesuatu yang hilang pada model pembelajaran Bahasa Indonesia saat ini, sehingga pembelajaran Bahasa Indonesia kurang diminati oleh pendidik maupun peserta didik.
Melalui pembelajaran Bahasa Indonesia yang kontekstual, peserta didik sekaligus dilatih menyajikan bermacam kompetensi dasar secara logis dan sistematis. Mengatakan kompetensi dasar Bahasa Indonesia SD, yang memuat penyusunan teks untuk menjelaskan pemahaman peserta didik, terhadap ilmu pengetahuan alam sebagai mengada-ada (Acep Iwan Saidi, “Petisi untuk Wapres”), sama saja dengan melupakan fungsi bahasa sebagai pembawa kandungan ilmu pengetahuan.
Kurikulum 2013 adalah kurikulum berbasis kompetensi yang pernah digagas dalam Rintisan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) 2004, tapi belum terselesaikan karena desakan untuk segera mengimplementasikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006. Rumusannya berdasarkan pada sudut pandang yang berbeda dengan kurikulum berbasis materi, sehingga sangat dimungkinkan terjadi perbedaan persepsi tentang bagaimana kurikulum seharusnya dirancang. Perbedaan ini menyebabkan munculnya berbagai kritik dari yang terbiasa menggunakan kurikulum berbasis materi. Untuk itu ada baiknya memahami lebih dahulu terhadap konstruksi kompetensi dalam kurikulum sesuai koridor yang telah digariskan UU Sisdiknas, sebelum mengkritik.

sumber : KEMDIKBUD RI

Download Materi Kurikulum 2013 SMK

[E-BOOK] : "Penggunaan Alat Ukur Elektronik (Multimeter Analog)"


Selamat malam sobat,

Berikut ada e-book alat kelistrikan yang ingin saya bagikan untuk sobat-sobat.

Multimeter yang diuraikan pada modul ini adalah Multimeter Analog yang menggunakan kumparan putar untuk menggerakkan jarum penunjuk papan skala. Multimeter ini yang banyak dipakai karena harganya relatif terjangkau.

Jika pada Multimeter Digital hasil pengukuran langsung dapat dibaca dalam bentuk angka yang tampil pada layar display, pada Multimeter analog hasil pengukuran dibaca lewat penunjukan jarum pada papan skala.

Tertarik?? Sobat bisa mendapatkan lebih lengkap materi dari e-book diatas dengan mendownload lewat link di bawah ini.

Semoga bermanfaat 

Link Download :
-----------------------------------------------------------
-----------------------------------------------------------

[LOKER] : "PT. Isuzu Astra Motor Indonesia - Production Staff (Until 31 Juli 2013)"

 
As one of reputable automotive company, PT Isuzu Astra Motor Indonesia manufactures Isuzu vehicles and components, with its focus on diesel-engined vehicles. Isuzu produces the Panther Multi Purpose Vehicle (MPV) and commercial vehicles from pick-ups and light trucks to medium- and heavy-duty trucks.



PRODUCTION STAFF

 
Requirements :
-          Diploma degree in mechanical, automotive, electrical, industrial engineering


General Requirements :
  • Maximum age 28 years old
  • Minimum GPA 2,75 (scale 4)
  • Fresh graduated are welcome to apply
  • Having experience in related position will be an advantaged
  • Having experience in Manufacturing / Production Engineering especially in Automotive Industry would be advantage
  • Having good analytical skill & exhibit good leadership
  • Well proven in English communication

If you interest with this opportunity, please submit your comprehensive resume and recent photograph to :
Email : recruitment@isuzu.astra.co.id
Subject email : Polban – Position Apply

Semoga bermanfaat

[NEWS] : "IIMS 2013 Hadirkan Kejuaraan Olah Raga Otomotif Paling Menantang"


 
Seruu.com - Seiring perjalanannya, Indonesia International Motor Show (IIMS) semakin memantapkan posisinya di kancah dunia internasional. Dan tahun ini dengan luasan pameran yang mencapai 75.000 m2, IIMS kembali menjadi pameran terbesar tak hanya di Indonesia, tetapi juga di kawasan Asia Tenggara.

“IIMS kian diperhitungkan oleh para pemain besar industri otomotif, hal ini terlihat dari meningkatnya jumlah peserta di tiap penyelenggaraannya, yang imbasnya tentu IIMS menjadi semakin besar,” ujar Johnny Darmawan, Ketua Penyelenggara IIMS 2013 dalam keterangan tertulisnya, Jumat (26/7/2013).

Johnny juga menambahkan bahwa setiap tahun antusiasme pengunjung terhadap penyelenggaraan pameran yang menjadi ajang pamer bagi teknologi terbaru dari industri otomotif Indonesia ini terus meningkat, sebagai catatan pada tahun 2012 IIMS berhasil menarik perhatian lebih dari 368 ribu pengunjung, dan tahun ini IIMS mentargetkan sejumlah 380 ribu pengunjung akan memadati pameran yang akan berlangsung selama 11 hari ini.

IIMS menjadi wadah bertemu dan berkumpulnya para penggemar kendaraan roda empat. Tentunya untuk lebih memuaskan para penggemar, IIMS selalu menghadirkan berbagai program unggulan yang menarik dan menantang adrenalin pengunjungnya, oleh karena itu, tidaklah mengherankan jika beberapa program unggulan IIMS tak pernah absen setiap tahunnya karena memang selalu menjadi daya tarik bagi pengunjung.

“Kami berupaya untuk menghadirkan kegiatan-kegiatan yang melibatkan masyarakat, agar kecintaan dan rasa memiliki masyarakat terhadap IIMS semakin besar. Kami ingin menjadikan IIMS bukan hanya milik pelaku industri otomotif tetapi juga menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Indonesia,” tutur Johnny.

Membangun Komitmen Di setiap Penyelenggaraannya

Dibalik semua inovasi kegiatan yang digadang IIMS disetiap penyelenggaraannya, satu yang selalu dipegang kukuh, konsistensi IIMS dalam mendukung kebijakan hijau tetap berada di lini terdepan. Tidak terkecuali pada penyelenggaraanya di tahun 2013 ini, usung tema “Smart Vehicle Mobility”, IIMS konsisten untuk terus mensosialisasikan efisiensi bahan bakar dengan memperkenalkan sistem transportasi dengan standar efisiensi yang mengurangi pemborosan bahan bakar serta mengurangi emisi gas buang berlebih.

Tidak hanya upaya memperkenalkan teknologi energi yang hemat dan bersih lewat ragam produk otomotif terbaru yang dihadirkan oleh pesertanya, IIMS juga menerapkan semangat yang sama dalam program kegiatan pendukungnya. Salah satu rangkaian acara annual IIMS yang juga merupakan cara Gaikindo sebagai penyelenggara turut berkontribusi dalam perkembangan industri otomotif nasional adalah lewat konferensi Indonesia International Automotive Conference (IIAC).

Menginjak tahun ke-8 penyelenggaraannya, tahun ini konferensi bertaraf internasional ini akan memuat salah satu agenda dari “The 19th APEC- Automotive Dialog” yaitu “APEC-AD Workshop” yang akan membahas mengenai perkembangan kendaraan bersih emisi (Green Car) di kawasan Asia-Pacific.

Dengan tema bahasan “Green Car Development Facililation” yang merupakan perhatian seluruh pemangku kepentingan di kawasan Asia-Pacific, tentunya konferensi tahun ini akan menarik perhatian tidak hanya para pemain bisnis otomotif nasional, namun juga akan dihadiri oleh para pelaku bisnis otomotif Asia-Pacific.

Berpacu Di dalam Track Gymkhana

Program acara outdoor pada tahun ini benar-benar akan memanjakan pengunjung IIMS, baik pengunjung biasa maupun para penggila olahraga otomotif, IIMS 2013 akan menyajikan program dengan beragam tingkat tantangan selama penyelengaraannya.

Test Drive, program yang selalu menjadi tujuan pertama pengunjung untuk mengujicoba kendaraan incaran mereka sebelum bertransaksi akan kembali hadir, dan tahun ini program Test Drive akan menambahkan berbagai rintangan baru untuk lebih membuktikan kehandalan kendaraan roda empat berbagai brand unggulan di IIMS 2013.

Salah satu rintangan yang ditingkatkan adalah undakan, yang kali ini dibuat zig-zag sehingga konsumen dapat merasakan dan memastikan tidak hanya ground clearance namun juga kestabilan kendaraan tersebut. Untuk lebih memastikan performa kendaraan, area test drive akan diadakan di dua area sekaligus, area rintangan dan juga jalan umum dengan kisaran area mencapai sejauh 2 kilometer.

Selain itu, berbagai program seru juga hadir untuk menghibur pengunjung IIMS 2013, Stunt Show – penampilan ketangkasan berkendara yang selalu menarik perhatian pengujung IIMS ini hadir 3 kali setiap hari pada akhir pekan pertama IIMS 2013. Dan Russ Swift sang jagoan stunt akan kembali menyapa para pengunjung dengan atraksi-atraksi menantang mautnya yang mendebarkan.

Tantangan tertinggi program IIMS tahun ini akan diberikan oleh kejuaraan olahraga otomotif yang baru pertama kalinya digelar di IIMS, yaitu “Gymkhana Race War”. Merupakan olahraga otomotif yang memberikan unsur kecepatan dan ketepatan waktu di dalam track, Gymkhana berbeda dengan olahraga otomotif lainnya, karena mengawinkan tehnik mengemudi drift dan slalom dalam melintasi track Gymkhana yang memiliki rintangan 180 derajat, 360 derajat, angka 8, dan rintangan lain.

Akan menghadirkan 4 kelas kejuaraan, di mana dalam pembagian kelasnya berdasarkan kapasitas mesin dan system gerak-roda, Gymkhana Race War akan mengundang decak kagum para penonton dengan disajikannya berbagai macam ragam aksi yang memukau dari para pembalap profesional yang berpartisipasi.

“Para pengunjung dan penggemar olahraga otomotif akan menikmati secara langsung kehebatan, kecepatan, ketangkasan, dan ketepatan dari kurang lebih 60 pembalap selama dua hari pelaksanaan acara ini yaitu pada tanggal 27-28 September 2013,” jelas  Abiyoso Wietono, Manajer Divisi Otomotif Dyandra Promosindo.

Selain atraksi-atraksi menarik tersebut, tentunya penampilan 36 brand APM tetap menjadi nilai jual bagi para pengunjung IIMS, mulai dari passenger cars seperti Audi, BMW, Chevrolet, Chrysler, Dodge, Daihatsu, Datsun, Ford, Honda, Hyundai, Jaguar, Jeep, KIA, Landrover, Mazda, Mercedes-Benz, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Peugeot, Renault, Smart, Subaru, Suzuki, Tata Motors, Toyota, VW, serta dari jajaran commercial vehicles yang meliputi Dyna, FAW, Foton, Fuso, Hino, Isuzu, MAN Trucks, Tata Motors, dan UD Trucks akan berlomba menarik perhatian pengunjung dengan berbagai penampilan teknologi otomotif terkini mereka.

Semoga bermanfaat

[NEWS] : Tips Mobil "Bersihkan Kaca Bagian Dalam, Jangan Pakai Tisu"

Otomotifnet.com - Berpergian dengan mobil dalam waktu lama bersama sang buah hati bisa menimbulkan rasa bosan tak terhingga. Sehingga balita yang mulai boring akan mulai eksplorasi kabin penumpang.

Salah satunya adalah memandangi pemandangan di luar sambil menempelkan hidung, bibir atau telapak tangan ke permukaan kaca. Sudah pasti akan meninggalkan bercak atau noda seperti keringat atau  kotoran bila buah hati sedang memegang makanan.

Membersihkan kaca mobil bagian dalam harus lebih berhati-hati karena permukaannya terlapis dengan kaca film. “Kalau membersihkan dengan tisu wajah akan menimbulkan baret atau goresan,” papar Nico Artono, spesialis car detailing WMA di bilangan Depok, Jawa Barat.

Sebaliknya, maksud hati ingin berhati-hati dengan melap kotoran atau bekas keringat yang menempel di kaca bagian dalam dengan tisu basah. Hal ini juga kurang baik karena kandungan pelembab seperti aloe vera akan membuat permukaan kaca justru lengket.
1. Bila permukaan yang basah atau lengket tadi diseka dengan tisu wajah, berakibat residu tisu wajah menempel lengkap dengan goresan halus pada permukaan kaca film. Justru menjadi semakin parah!



2. Paling aman membersihkan bekas keringat atau noda di kaca bagian dalam yang terlapis dengan kaca film, dengan lap kulit yang lembab (basah setelah diperas). Upaya ini bisa mengusir kotoran hingga 70%.

3. Mau hasil terbaik bisa dilakukan setelah sampai di rumah dengan menggunakan sabun cuci piring yang mengandung penghilang lemak.



4. Larutkan 1-2 tetes sabun dengan air bersih dan gunakan lap kulit untuk menyeka kotoran tadi. Ulangi beberapa kali sampai permukaan kaca benar-benar bersih. 




Semoga bermanfaat

[NEWS] : "Hasil Sesi Kualifikasi Formula 1 Hungaroring, Hongaria"

 
Otomotifnet.com - Pesimisme Lewis Hamilton sejak sesi latihan hari pertama, sepertinya memang cukup beralasan lantaran ia tidak pernah mampu menembus lap tercepat di urutan 5 besar. Tapi di sesi kualifikasi Formula 1 Hungaroring, Hongaria (27/7), ceritanya lain lagi. Pembalap asal Inggris itu secara mengejutkan mampu pecundangi Sebastian Vettel dan meraih posisi pole.

Dengan catatan lap tercepat 1 menit 19.388 detik, ia mampu menggeser pencapaian semua pembalap yang tampil agresif di sesi latihan. Sedangkan Vettel yang sebelumnya mencetak posisi pole, harus puas menempati grid start kedua. Sementara Romain Grosjean yang tampil sebagai pembalap tercepat di sesi latihan ketiga, mampu mengamankan grid ketiga.

Disusul oleh Nico Rosberg, Fernando Alonso dan Kimi Raikkonen di 3 lini terdepan. (otosport.co.id)

Hasil kualifikasi F1 Hongaria :
1. Lewis Hamilton, Bri  Mercedes-Mercedes, 1m 19.388 detik
2. Sebastian Vettel, Ger Red Bull-Renault, 1m 19.426 detik
3. Romain Grosjean, Fra Lotus-Renault, 1m 19.595 detik
4. Nico Rosberg, Ger Mercedes-Mercedes, 1m 19.720 detik
5. Fernando Alonso, Spa Ferrari-Ferrari, 1m 19.791 detik
6. Kimi Raikkonen, Fin Lotus-Renault, 1m 19.851 detik
7. Felipe Massa, Bra Ferrari-Ferrari, 1m 19.929 detik
8. Daniel Ricciardo, Aus Toro Rosso-Ferrari, 1m 20.641 detik
9. Sergio Perez, Mex McLaren-Mercedes, 1m 22.398 detik
10. Mark Webber, Aus Red Bull-Renault, tidak ada lap time di Q3
11. Adrian Sutil, Ger Force India-Mercedes, 1m 20.569 detik
12. Nico Hulkenberg, Ger Sauber-Ferrari, 1m 20.580 detik
13. Jenson Button, Bri  McLaren-Mercedes, 1m 20.777 detik
14. Jean-Eric Vergne, Fra Toro Rosso-Ferrari, 1m 21.029 detik
15. Pastor Maldonado, Ven Williams-Renault, 1m 21.133 detik
16. Valtteri Bottas, Fin Williams-Renault, 1m 21.219 detik
17. Esteban Gutierrez, Mex Sauber-Ferrari, 1m 21.724 detik
18. Paul di Resta, Bri  Force India-Mercedes, 1m 22.043 detik
19. Charles Pic, Fra Caterham-Renault, 1m 23.007 detik
20. Giedo van der Garde, Hol Caterham-Renault, 1m 23.333 detik
21. Jules Bianchi, Fra Marussia-Cosworth, 1m 23.787 detik
22. Max Chilton, Bri  Marussia-Cosworth, 1m 23.997 detik

Kualifikasi 107 persen : 1min 25.974 detik

Semoga bermanfaat

[E-BOOK] : "Dasar-Dasar Kelistrikan dan Elektronika"

  
Selamat sore sobat,
Berikut ada beberapa e-book yang ingin saya bagikan untuk sobat-sobat, dan sekarang berkenaan dengan dasar-dasar elektronik dan elektronika.

Sirkuit Elektrik
Peralatan listrik digunakan pada banyak bagian dari kendaraan, dan memberikan fungsi yang beragam. Saat listrik mengalir melalui resistor, ia akan mempengaruhi resistor dan dapat memberikan sejumlah fungsi. Peralatan listrik menggunakan fungsi-fungsi tersebut sesuai dengan tujuannya dengan mengubah listrik menjadi kerja.

Fungsi-fungsi Listrik
1. Fungsi penghasil panas
Panas dihasilkan ketika listrik mengalir melalui resistor, seperti pemantik rokok, sekring.
2. Fungsi pencahayaan
Sinar akan keluar saat listrik mengalir melalui resistor, seperti bola lampu
3. Fungsi Magnetis
Gaya magnetis dihasilkan saat listrik mengalir melalui konduktor atau coil, seperti ignition coil, alternator, injektor

Semua isi tersebut tergabung pada atom, yang terdiri dari nuklei dan elektron. Atom logam terdiri dari elektron-elektron bebas. Elektron-elektron bebas adalah elektronelektron yang dapat bergerak bebas dari atom-atom. Transfer dari elektron-elektron bebas di antara atom-atom logan ini menghasilkan listrik Karena itu, listrik yang mengalir melalui sirkuit elektrik adalah elektronelektron yang bergerak di konduktor. Ketika voltage diberikan pada kedua ujung dari logam (konduktor), elektron-elektron mengalir dari kutub negatif ke kutub positif. Aliran ini kebalikan dari aliran arus listrik.

Tiga elemen listrik
Listrik terdiri dari tiga elemen dasar.
1. Arus (Current)
Ini adalah arus listrik yang mengalir melalui sirkuit elektrik Unit: A (ampere)
2. Voltase
Ini adalah tenaga dari listrik yang menggerakkan arus listrik melalui sirkuit elektrik. Semakin tinggi voltase, semakin besar jumlah arus listrik yang mengalir melalui sirkuit. Unit: V (volt)
3. Tahanan (Resistance)
Ini kebalikan dari aliran arus listrik. Unit: Ω (ohm)

Tertarik?? Sobat bisa mendapatkan lebih lengkap materi dari e-book diatas dengan mendownload lewat link di bawah ini.

Semoga bermanfaat 

Link Download :
-------------------------------------------------------------
-------------------------------------------------------------

[NEWS] : "MANTAPPPSS, KEMBALI BANDUNG LAUTAN TRAIL 2" (29-30 Juni 2013)

Layaknya peribahasa “Siapa Yang Menanam, Dialah Yang Menuai”. Pernyataan ini pantas untuk disematkan kepada BTA. Hampir tiga tahun BTA dengan membawa nama BJB di depannya selalu ikut berpartisipasi baik secara moril maupun materil dan hasilnya adalah nama besar BTA yang selalu menjadi buah bibir para offroader baik di tingkat Regional (Jawa Barat) maupun Nasional. Dengan semakin besar nama BTA, semakin dinanti juga kegiatan yang digagas atau diselenggarakan oleh BTA.

Oleh karena itu, berdasarkan kesepakatan dengan seluruh pengurus, maka tercetus ide untuk mengadakan kegiatan dengan skala regional, minimalnya Jawa Barat bahkan apabila memungkinkan bisa berskala nasional.

Pada tanggal 29 September 2012, tercetuslah sebuah kegiatan yang rencana awal skala regional beralih menjadi skala nasional dengan peserta yang mengikuti kegiatan dari berbagai daerah seluruh Indonesia. Semula BTA menargetkan peserta hanya 1000 orang, dengan antusiasnya kegiatan ini peserta yang mengikuti kurang lebih sekitar 3.400 orang, sungguh diluar dugaan kami.

Dalam penyelenggaraan Bandung Lautan Trail 2012 Dengan Tema “Menabung Sambil Berpetualang” Pada tanggal 29 September 2012, telah berhasil menciptakan dua record MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) sekaligus diantaranya “Motor Trail Terbanyak Dalam Satu Kegiatan” dan “Pembukaan Rekening Terbanyak Oleh Komunitas Motor Trail”.

Pada kesempatan ini pula IMI (Ikatan Motor Indonesia) Provinsi Jawa Barat, sebagai induk organisasi yang menaungi kegiatan tersebut memberikan penghargaan kepada BTA atas terselenggaranya kegiatan ini.

Kegiatan Bandung Lautan Trail 2012 Dengan Tema “Menabung Sambil Berpetualang” berpusat kegiatan di Bandung, dengan diawali pelepasan peserta di Bumi Perkemahan Kiara Payung Tanjungsari Sumedang dan berakhir di Jl. Naripan (Kantor Pusat bank bjb).

Pada kegiatan Bandung Lautan Trail 2012 peresmian atau pengibaran bendera start dengan bertandanya penyelenggaraan kegiatan ini dimulai, diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat, Wakil Gubernur Jawa Barat, Wakapolri serta Jajaran Direksi bank bjb. Tidak luput juga pemimpin daerah Walikota atau Bupati ikut memeriahkan kegiatan ini.

Pada kegiatan ini peserta sangat antusias untuk berpartisipasi, walapun harus mengeluarkan uang pendaftaran sejumlah Rp. 150.000 dan Tabungan sejumlah Rp. 50.000 tidak menjadi suatu kendala untuk menjadi peserta kegiatan ini.

Pada kegiatan ini juga pihak bank bjb mengeluarkan kartu ATM Special Edition “Trail Adventure” bagi peserta yang mengikuti kegiatan ini.

Kegiatan Bandung Lautan Trail 2012 menempuh jarak tempuh sepanjang kurang lebih 75 KM melewati perbatasan Kabupaten Sumedang, Perbatasan Kabupaten Subang dan Berakhir Di Kota Bandung. Hadiah yang kami persembahkan pada kegiatan ini berupa Tabungan, Sepeda Motor, dan Prodak Trail Adventrue senilai Rp. 150.000.000. tidak kurang juga hiburan yang kami suguhkan untuk peserta kegiatan ini diantaranya pagelaran musik khas Jawa Barat, band local dan artis-artis ibukota.

Dalam kesempatan ini, kami ingin menyampaikan bahwa BTA dengan kapasitas yang dimiliki sekarang bermaksud untuk menyelenggarakan kembali kegiatan dengan skala regional (Jawa Barat), bahkan diharapkan bisa berskala nasional.

Hal ini dimaksudkan selain untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama offroader baik tingkat Jawa Barat bahkan sampai tingkat nasional juga bisa lebih mengangkat nama BTA, lebih khusus lagi menciptakan minat kerjasama yang lebih baik lagi antara masyarakat dengan bank bjb yang sedang berkembang pesat.

Kegiatan ini merupakan event berkelanjutan dengan menggunakan nama “BANDUNG LAUTAN TRAIL 2” yang kegiatan tidak jauh berbeda dengan kegiatan sebelumnya, namun dalam kegiatan tersebut kami akan mencoba memberikan sesuatu yang beda dengan kegiatan sebelumnya.

Diantaranya kegiatan ini menempuh jarak kurang lebih 300 KM dengan waktu tempuh selama 2 hari, dengan diawalai Etape Ke 1 dari Sentul International Circuit, Hambalang, Cariu, Purwakarta, Etape Ke 2 Dari Purwakarta, Wanayasa, Subang dan Berakhir Di Bandung.

Dari segi hadiah yang akan kami berikan kepada peserta kegiatan ini kami akan memberikan hadiah lebih dari kegiatan sebelumnya sekitar Rp. 300.000.000., begitu pula dalam segi hiburan yang akan kami suguhkan kepada peserta dan masyarakat sekitar akan lebih meriah dan gebyar dari kegiatan sebelumnya.

Untuk cara pendaftaran, peserta dan lain-lain,
lebih lengkapnya sobat bisa kunjungi laman dibawah ini:
Bandung lautan trail 2 

Semoga bermanfaat

[LOKER] : POLBAN CAREER EXPO 2013 (29-30 Juni 2013)

Selamat pagi sobat,
Informasi yang sekarang banyak dincer oleh para jobseeker adalah terkait dengan bursa kerja. Semacam Job Fair yang sekarang diadakan di kampus POLBAN Bandung dan sebenarnya sudah secara berkesinambungan berlangsung tiap tahun. Berikut lebih lengkap daftar perusahaan yang mungkin sobat cari:


DAFTAR PERUSAHAAN PESERTA PCE 2013 : ( UPDATED 20 JUNI 2013 )

1              PT. ASTRA DAIHATSU MOTOR
2              PT. PELINDO (PERSERO)
3              PT. PLN (PERSERO)
                 
STAND
4              PT. ASTRA HONDA MOTOR
5              WINGS GROUP
6              PT. ASTRA OTOPARTS TBK
7              TOYOTA MOTOR MANUFACTURING INDONESIA
8              PT. WAHANA COLDSTORAGE INDONESIA
9              PT. SHARP ELECTRONICS INDONESIA
10           PT. KRAKATAU POSCO
11           PT. Santos Jaya Abadi (Kapal Api)
12           PT. Suryaraya Rubberindo Industries
13           PT. JAYA NIKA PERMATA
14           PT. CIKARANG LISTRINDO
15           SHIMIZU CORPORATION
16           PT. PAMAPERSADA NUSANTARA
17           PT. AKR CORPORINDO Tbk.
18           WAVIN DUTA JAYA
19           PT. KALDU SARI NABATI INDONESIA
20           ADHIMIX PRECAST
21           GRUP AJINOMOTO INDONESIA
22           UNITED TRACTORS
23           PT. ASTRA INTERNATIONAL Tbk (DAIHATSU SALES OPERATION)
24           PT. CITAS OTIS ELEVATOR
25           PT. TOYOTA ASTRA MOTOR
26           Summarecon Group
27           PT. Kawan Lama Sejahtera
28           PT. GMF Aerosia
29           PT. Medion Farma Jaya
30           PT. CEMINDO GEMILANG
31           PT. Nestle Indonesia
32           PT. Tunas Ridean Tbk.
33           GAN Group
34           INDONESIA POWER
35           TRIPUTRA GROUP
36           PT. DAIKIN AIRCONDITIONING INDONESIA
37           PERTAMINA (PERSERO)
38           NISSEN CHEMITEC INDONESIA
                 
DROP BOX
39           PT. YOKOGAWA INDONESIA
40           PT. BETON ELEMENINDO PUTRA
41           PT. BETON ELEMENINDO PERKASA
42           NAMASINDO PLAS
43           PT. RESTOMART CIPTA USAHA
44           PT. TORRECID INDONESIA
45           PT. Samsung Electronics Indonesia
46           PT. ANGGANA KURNIA PUTRA
47           PT. Dhanar Mas Concern
48           PT. KAO INDONESIA CHEMICALS
49           PAKO GROUP
50           CV. MASSIVA PRIMA MATRA
51           PT. PURNAMA CAHAYA PERSADA
52           PT. KINDEN INDONESIA

HTM :
Alumni/Mahasiswa POLBAN = Rp. 15.000,-
Umum = Rp. 20.000,-

Informasi lebih lengkap silahkan kunjungi langsung laman dibawah ini :
POLBAN CAREER EXPO 2013

Semoga bermanfaat

[LOKER] : "OPERATOR PRODUKSI UNTUK LULUSAN SMA/K SEDERAJAT ( PT.DENSO INDONESIA CORPORATION ) - Until 31 Mei 2013"




Mendesak..
PT. DENSO INDONESIA CORPORATION
Jl. Kalimantan blok E-1,E-2
Kawasan MM2100 CIBITUNG-BEKASI 17520

PT. Denso Indonesia Corporation adalah salah satu industri manufaktur yang menghasilkan produk berupa spare part atau suku cadang kendaraan. Salah satu produk yang dihasilkan adalah spark plug. Spark plug/busi terdiri dari part-part meliputi, insulator, housing, talk ring, ring forming, gasket ring, terminal nut lathe, washer dan cup cutting

Membutuhkan tenaga kerja sebagai Operator Produksi(OP) untuk di tempatkan pada Plant Produksi Wilayah MM 2100, ada pun ketentuannya sebagai berikut:

* Pria dan Wanita Usia Maksimal 24tahun
* Pendidikan Minimal SMA/SMK
* Yang Baru Lulus Silahkan Melamar
* Pengalaman tidak diutamakan
* Sehat Jasmani dan Rohani
* Bersedia ditempatkan di area Kerja Cikarang
Benefit:
* Gaji Pokok Rp. 2.475.000(UMR 2013)
* Lembur( Normatif/Sesuai kebutuhan/wajib)
* Insentif Kehadiran
* Uang makan dan Transport
* Jamsosotek( JPK, JHT )

Bagi yang berminat anda bisa mempersiapkan berkas lamaran dibawah ini:
* Surat lamaran dan daftar riwayat hidup
* Foto copy Ijazah dan TranskripNilai
* Foto copy skck
* Foto copy KTP
* Foto copy Surat Keterangan Sehat dari Dokter
* Foto copy Kartu Pencari Kerja(Jika Ada )
* Refrensi Kerja(yang sdh pernah kerja)
* Pas foto ukuran 3X4=2dan 4X6=2

****** UNTUK FRESH GRADUATE ( BARU LULUS ) TAHUN INI DAN BELUM ADA FOTO COPY IJAZAH DLL, KELENGKAPAN BISA MENYUSUL ******

Untuk Jadwal Tes dan seleksi anda bisa sms data diri singkat anda ke nomor
0838 921 74400 dengan Mr.Yusuf Tanoe

dengan format:
Nama/ Alamat/ Pendidikan/ Usia/ Denso Indonesia Corp
Hanya data lengkap yang dikirim via sms akan di proses untuk tes, dan kami tidak melakukan tanya jawab lewat telp/sms.

NB : Balasan sms guna mendapat jadwal untuk mengikuti proses penempatan kerja

SUMBER

Semoga bermanfaat

[ARTIKEL OTO] : "Mendiagnosis Sistem Pelumasan Mesin"



MESIN terdiri dari bagian-bagian logam yang bergerak. Beberapa di antaranya ada yang berhubungan langsung secara tetap antara satu dan yang lain, misalnya poros engkol, batang torak, dan bagian mekanisme katup. Saat mesin mulai berputar, gesekan yang terjadi antara bagian-bagian mesin tersebut akan menjadi aus. Oli pelumas secara terus-menerus melumasi bagian-bagian mesin untuk mencegah keausan sehingga bisa mengurangi keausan pada bagian-bagian mesin yang bergerak.

Selama oli tersebut bersirkulasi, oli juga menyerap panas untuk mendinginkan mesin, mengisi celah antara bantalan-bantalan, dan jurnal-jurnal yang berputar, membentuk seal (perapat) antara cincin torak dan dining silinder sehingga gas di atas torak tidak mengalami kebocoran, serta membawa kotoran-kotoran dari bagian mesin.

Diagnosis gangguan sistem pelumasan Ada dua keluhan yang sering terjadi pada sistem pelumasan. Pertama, penggunaan oli mesin yang boros. Borosnya oli mesin dipengaruhi oleh kecepatan mesin. Kecepatan mesin yang tinggi akan meningkatkan temperatur sehingga viskositasnya akan menurun. Oli akan mudah melalui cincin torak dan masuk ke dalam ruang bakar yang selanjutnya oli tersebut terbakar. 

Kecepatan yang tinggi juga akan meningkatkan gaya sentrifugal sehingga oli yang ada di dalam karter lebih banyak terlempar ke dinding selinder dan masuk ke ruang bakar.

Keluhan lain keausan mesin, pada mesin yang telah aus, pemakaian oli akan meningkat. Hal ini terjadi apabila cincin torak dan silindernya mengalami keausan sehingga kemampuan cincin torak untuk menyapu oli pada dinding silinder berkurang dan oli tersebut terbakar pada ruang pembakaran.

Penyebab lainnya yang mengakibatkan borosnya oli pelumas adalah tidak berfungsinya sil atau perapat. Gambar satu memperlihatkan tempat yang sering terjadi kerusakan sil atau perapat pada sebuah mesin.

Kedua, tekanan oli terlalu rendah atau tinggi. Kadang-kadang, lampu indikator tekanan oli terlihat berkedip-kedip atau menyala terus atau jarum penunjuk memperlihatkan tekanan yang rendah. Jika terjadi hal yang demikian, kemungkinan level oli pada karter terlalu rendah. 

Periksalah level oli tersebut. Jika ternyata olinya cukup ada, kemungkinan unit colokan tekanan oli atau pengukurnya rusak. Gantilah unit colokan tekanan oli/pengukur tersebut, hidupkan mesin untuk melihat apakah lampu indikator atau pengukur bekerja dengan normal. 

Suara kegaduhan pada pengangkat katup dan bantalan juga merupakan tanda-tanda tekanan oli yang rendah. Penyebab terjadinya tekanan oli yang rendah antara lain:
a. Pegas penekan katup pada filter lemah atau patah.
b. Pompa oli rusak.
c. Saluran oli pecah atau retak.
d. Saluran oli sebelum unit saklar tekanan terhalang atau tersumbat.
e. Oli yang tidak tepat atau terlalu encer
f. Bantalan mesin aus.
g. Kebocoran pada filter oli

Cara mengatasi gangguan tekanan oli yang rendah tersebut antara lain:
a. Ganti pegas katup filter.
b. Ganti pompa oli.
c. Perbaiki atau tambal saluran olinya.
d. Hilangkan sumbatan pada saluran oli.
e. Ganti oli sesuai dengan spesifikasi
f. Ganti bantalan mesin.
g. Ganti filter dan gasketnya.

Apabila tekanan oli terlalu tinggi biasanya disebabkan oleh
a. Katup tekanan oli terlalu ke dalam.
b. Pegas katup tekanan oli rusak.
c. Saluran oli sesudah unit saklar tekanan tersumbat.
d. Oli terlalu kental.

Untuk mengatasi gangguan oli yang terlalu tinggi, lakukan hal-hal sebagai berikut:
a. Longgarkan katup tekanan oli.
b. Ganti pegas katup oli.
c. Hilangkan sumbatan pada saluran oli.
d. Ganti oli sesuai dengan spesifikasi. 


(Much Abdullah Nurhidayat, Pemerhati SDM Bidang Mekanik Otomotif, pengajar di SMK Prakarya Internasional Bandung)***

Semoga bermanfaat

[VIDEO OTO] : "Tips Cara Melepas dan Memasangkan Ban ala SCUDMAN"


Selamat siang sobat, kali ini saya akan membagikan tips untuk melepas dan memasangkan ban luar dengan teknik yang benar, agar tidak melukai pelek maupun orangnya. Silahkan lihat selengkapnya video berikut ini

Video melepas ban

Video memasang ban


Semoga bermanfaat

[ARTIKEL OTO] : "DAFTAR KONVERSI SATUAN PENTING"

Berikut dibawah ini adalah beberapa daftar konversi satuan yang mungkin sobat cari.

Panjang
1 Ft = 12 in
1 in = 25,4 mm
1 mile = 5280 ft = 1760 yd = 1,609 km
1 km = 3281 ft = 1093,6 yd = 0,6214 mile

Luas
1 in² = 6,452 cm²
1 m² = 1550 in² = 10,76 ft² = 1,196 yd²

Volume
I ft³ = 7,481 US gallon = 28,32 liter
1 in³ = 16,39 cm³
1 US gallon = 3,785 liter
1 liter = 0,03531 ft³ = 61,02 in³ = 0,2642 US gallon

Kecepatan
1 ft/s = 30,48 cm/s
1 m/s = 3,281 ft/s = 3,6 km/h
1 mile/h = 1,467 ft/s = 1,609 km/h = 0,8684 knot
1 km/h = 0,278 m/s = 0,621 mil/h

Percepatan
1 ft/s² = 0,3048 m/s²

Massa dan Berat
1 lb = 0,4536 kg = 7000 grains
1 kg = 2,205 lb

Massa jenis
1 lb/ft³ = 16,02 kg/m³
1 gr/cm³ = 62,43 lb/ft³

Gaya
1 lb = 0,4536 kg = 0,4536 kp = 4,448 N (Newton)
1 kp = (kilopound) = 2,205 lb = 9,807 N

Tekanan
1 psi = 1 lb/in² = 0,07031 kg/cm² =51,71 mmHg pada 0ºC
1 kg/cm² = 14,22 psi = 735,6 mmHg pada 0ºC = 0,9807 bar
1 atm (standar) = 14,7 psi =1,033 kg/cm² = 760 mmHg pada 0ºC
1 bar =  N/m² =  Pa = 1,0197 kg/cm² = 14,50 psi

Momen Putar
1 lb ft = 0,1383 kgm = 1,305 Nm
1 kgm = 7,233 lb ft = 9,807 Nm

Energi dan Kerja
1 ft lb = 0,1383 mkg = 1,356 J = 1/778 BTU
1 mkg = 7,233 ft lb = 9,807 J = 1/427 kcal
1 J = 1 Ws = 10 7 erg
1 kcal = 427 mkg = 4187 J = 3,969 BTU
1 BTU = 778 ft lb = 1055 J = 0,252 kcal
1 hp hr = 2545 BTU = 0,7475 kWh
1 PS hr = 632,4 kcal = 0,7355 kWh

Daya
1 W = 1 J/s = 1/1000 kW
Daya kuda metrik: 1 PS = 75 mkg/s = 0,7355 kW = 0,9863 hp
Daya kuda non-metrik: 1 HP = 550 ft lb/s = 0,7475 kW = 1,014 PS

Temperatur
ºF = 1,8 ºC + 32
ºR = ºF + 460 = 1,8 ºK
ºK = ºC +273

Konstanta Gas Universal
R = 1,986 BTU/(moleºR) = 1545 ft lb/(moleºR) = 1,986 cal/(gmoleºK)
    = 848 mkg/(kmoleºK)

Lain-lain
1 cal/gram = 1,8 BTU/lb
1 cal/(gram ºK) = 1 BTU/lb ºR

Semoga bermanfaat

Tutorial Download (Cara Download) :

1. Pilih salah satu link download yang tersedia 4shared /ziddu /Dll.

2. Tunggu proses halaman selama 5 Detik.

3. Klik tulisan Lewati / Skip Ad pada pojok Kanan atas.

Photobucket

4. Halaman Download akan tersedia.

Catatan: untuk mendownload dari 4shared, pastikan anda sudah mempunyai account 4shared terlebih dahulu

Update via Email

Mendaftar untuk Update Terkini