Hampir tak beda dengan filter udara standar pabrik, kini semakin
banyak filter udara berembel-embel racing. Secara fungsi, filter udara
standar dan racing memiliki kesamaan.
Perbedaan terletak pada elemen penyaring. Untuk
versi racing, pori-pori pada elemen penyaring memiliki diameter sedikit
lebih besar dan biasanya bisa dicuci (washable).
Sifat elemen
penyaring yang memiliki kekuatan lebih tinggi alias heavy duty,
menjadikan filter udara racing bisa dicuci hingga 100.000 km. Meski
begitu cara mencuci tak bisa sembarangan, melainkan ada sabun khusus
yang tidak merusak elemen penyaring.
Setelah dicuci, masih ada ritual dengan memberikan spray khusus untuk
menangkap debu yang menempel di atas permukaan elemen. Di pasaran, sudah
banyak produk berbau-bau racing seperti K&N, HKS, Sakura, Simota
atau TRD.
Lantaran komponen yang memiliki kemampuan di atas
rata-rata alias high performance, tak heran bila filter udara dibanderol
lebih mahal. Harganya mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 2 juta.
Semoga bermanfaat
SUMBER
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentar yang bermanfaat. Terima Kasih